SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan

anakpelajar.com – Anda mungkin pernah mengalami keadaan di mana SIM card terbaca tapi tidak ada layanan apapun. Keadaan tersebut sering terjadi saat sinyal di HP Anda tidak muncul tetapi pada menu Pengaturan tertulis SIM card terbaca. Keadaan seperti ini dapat mengakibat layanan seluler seperti untuk internet, sms dan panggilan telepon tidak dapat Anda gunakan.

Permasalahan SIM card terbaca tapi tidak ada layanan akan sangat mengganggu para pengguna HP sehingga harus segera diatasi. Dan untuk mengatasi sebuah permasalahan, Anda harus mengetahui faktor permasalahan tersebut terlebih dahulu.

Penyebab SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan

Ada beberapa faktor penyebab SIM card terbaca tapi tidak ada layanan. Berikut ini beberapa contoh penyebab permasalahan yang seringkali terjadi pada pengguna HP dan menyebabkan jaringan operator tidak ada layanan.

1. Jangkauan Jaringan Operator yang Lemah

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan SIM card terbaca tapi tidak ada layanan yaitu karena jaringan operator di daerah Anda lemah. Tahukah Anda, jika semakin jauh suatu daerah dari BTS maka jaringan operator HP akan semakin melemah. BTS kepanjangan dari Base Transceiver Station.

BTS merupakan salah satu infrastruktur yang dibuat oleh pihak telekomunikasi. Tujuan pembangunan BTS adalah untuk membangun jaringan komunikasi tanpa kabel antara alat komunikasi dengan jaringan operator.

Selain jaringan HP yang lemah, jika daerah Anda jauh dari jangkauan BTS maka kartu SIM Anda bisa saja kehilangan berbagai macam fungsi dan kegunaannya. Saat hal tersebut terjadi Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika HP Anda sedang tidak ada layanan.

Faktor yang satu ini seringkali terjadi pada para pengguna HP yang bertempat tinggal di daerah daerah pegunungan maupun pedesaan. Hal tersebut terjadi karena daerah-daerah seperti pegunungan dan pedesaan memiliki BTS yang minim dan juga tidak tersebar secara merata di berbagai pelosok desa.

2. Kartu SIM Rusak

faktor lain yang juga dapat memicu kartu SIM tiba-tiba tidak ada layanan adalah karena kartu SIM yang rusak. Kerusakan bisa terjadi karena penggunaan kartu SIM dalam jangka waktu yang sangat lama.

Selain itu, kartu SIM mudah rusak jika Anda sering melakukan bongkar pasang pada kartu SIM. Kegiatan bongkar pasang SIM yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada pin dan konektor SIM.

3. Pin pada Kartu SIM Kotor

Kartu SIM memanfaatkan pin tembaga untuk mentransfer data. Sehingga apabila pin tembaga pada SIM Anda kotor, maka layanan seluler tidak dapat berjalan dengan baik. Bahkan pin tembaga yang kotor dapat menyebabkan permasalahan tidak ada layanan operator di HP Anda.

Untuk mengatasi pin tembaga SIM yang kotor adalah dengan cara membersihkannya dengan perlahan. Hal tersebut bertujuan agar debu atau residu yang bisa saja menutup salah satu pin tembaga tersebut bisa bersih dan hilang.

Untuk membersihkan chip SIM card, Anda bisa menggunakan cottonbud ataupun tissue. Oleskan minyak kayu putih ataupun cleanser oil pada tissue maupun cottonbud yang akan Anda gunakan untuk membersihkan chip SIM card.

Cara Mengatasi Permasalah SIM Card

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi SIM card terbaca tapi tidak ada layanan. Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasi HP dengan peringatan tidak ada layanan ataupun tidak sinyal.

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengaktifkan mode pesawat di HP. Setelah menyalakan mode pesawat dan membiarkannya sebentar, cobalah untuk menonaktifkan kembali mode pesawat tersebut. Tunggu beberapa saat hingga SIM card Anda kembali memiliki jaringan telepon.

Cara ini cukup bermanfaat untuk mengatasi HP yang tidak memiliki jaringan atau sinyal. Karena dengan cara seperti itu, pihak provider jaringan akan mencari sinyal secara maksimal setelah Anda menonaktifkan jaringan. Dan tentunya, cara ini dapat memunculkan sinyal di HP Anda kembali.

2. Me-Restart HP

Jika Anda telah melakukan cara yang pertama, namun tidak berhasil. Maka Anda bisa mencoba melakukan cara yang satu ini. Restart HP Anda menggunakan tombol pada HP Android dan lepaskan baterai untuk HP jika Anda menggunakan removal battery. Kegiatan merestart ponsel memiliki tujuan untuk merefresh HP sekaligus membuat sinyal kembali muncul.

3. Scanning Jaringan secara Manual

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memindai jaringan secara manual. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan scanning jaringan secara manual.

  1. Bukalah menu pengaturan di HP Anda.
  2. Pilih bagian jaringan lainnya.
  3. Klik bagian Operator Jaringan lalu pilih Jaringan Seluler.
  4. Kemudian klik bagian Pencarian Manual dan tunggu beberapa saat hingga proses pencarian jaringan selesai.
  5. Setelah kegiatan scanning jaringan secara manual selesai, akan tampil beberapa nama provider jaringan yang sinyalnya berasa di sekitar Anda.
  6. Klik provider yang sedang Anda gunakan pada tampilan macam-macam jaringan provider yang tertangkap scan manual.

Jika pada saat Anda melakukan pindai secara manual tidak ada satupun provider yang tertangkap. Kemungkinan terjadi kerusakan pada software ataupun hardware HP Anda. Sehingga tidak dapat menangkap sinyal jaringan di sekitar Anda sebelum perangkat HP Anda diperbaiki.

Bagaimana, mudah bukan mengatasi HP yang tidak ada layanan ataupun tidak tersedia jaringan sinyal? Anda bisa mencoba dan memilih salah satu cara di atas. Demikian ulasan singkat mengenai SIM card terbaca tapi tidak ada layanan, semoga bermanfaat.

error: This content is protected by DMCA