Cara Cek Kesehatan Hardisk 2022

anakpelajar.com – Mustahil bagi komputer dapat menjalankan fungsinya dengan baik tanpa adanya perangkat-perangkat pendukung. Misalkan saja hardisk. Hardisk adalah perangkat keras yang memiliki peran penting bagi komputer. Karena sangat penting, perangkat ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Terutama tentang bagaimana cara cek kesehatan hardisk secara berkala.

Ada tujuan tertentu mengapa pengecekan berkala ini penting. Seperti yang kita tahu, hardisk adalah salah perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan eksternal. Dengan perangkat ini, kita bisa menyimpan berbagai data pribadi, data perusahaan, data aplikasi dan banyak lainnya.

Dari berbagai jenis media penyimpanan lain seperti flashdisk, DVD dan memori card, hardisk memiliki nilai beli yang jauh lebih mahal. Tahukah Anda apa alasannya? Ada alasan mengapa harga hardisk cukup mahal. Pertama, kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada flashdisk, yakni mencapai 1 TB.

Bukan cuma kapasitas penyimpanan, hardisk adalah penyimpanan eksternal yang jauh lebih aman daripada flashdisk ataupun DVD. Ini alasan mengapa harganya sangat mahal. Karena harganya yang mahal, tentu kita perlu memperhatikan perawatan hardisk dengan benar. Ini bertujuan agar kualitasnya tetap terjada dan hardisk dapat berumur lebih panjang.

Sekilas kita sudah tahu apa itu hardisk. Dalam ulasan kali ini, kami mencoba untuk berbagi bagaimana cara cek kesehatan hardisk secara berkala, baik itu hardisk internal maupun eksternal. Loh? Memangnya ada hardisk internal dan ekternal? Apa bedanya dan bagaimana perannya bagi sebuah komputer? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, mari simak ulasan berikut ini!

Cara Cek Kesehatan Hardisk

Setiap perangkat komputer pasti dilengkapi dengan harrdisk. Hardisk memiliki peran sebagai media penyimpanan data pada komputer. Perangkat ini memiliki sifat non-volatile memory, yang artinya dapat menyimpan data sekalipun komputer dalam keadaan mati, berbeda dengan RAM yang hanya berfungsi sebagai media penyimpanan apabila komputer dalam kondisi menyala.

Secara umum, hardisk ini ada dua macam. Hardisk internal yang terpasang pada komputer, dan juga hardisk eksternal sebagai media penyimpanan tambahan apabila diperlukan.
Keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai media penyimpanan. Bedanya, hardisk internal tertanam dalam tubuh komputer, sedangkan harddiks eksternal bersifat portable dan bisa dibawa kemana-mana.

Setiap hardisk memiliki fungsi krusial bagi perangkat komputer. Bayangkan saja bagaimana jadinya apabila komputer tidak memiliki media penyimpanan data. Tentunya kita akan sangat kesulitan karena semua data-data dan file penting tidak tersimpan secara permanen. Karena memegang fungsi yang krusial, kesehatan hardisk perlu kita perhatikan dengan benar.

Memperhatikan kesehatan hardisk adalah upaya untuk meminimalisir kerusakan pada hardisk itu sendiri. Apabila hardisk ini rusak, besar kemungkinan semua data tidak bisa kita akses bahkan terhapus. Lantas, bagaimana cara cek kesehatan hardisk internal dan juga eksternal? Simak panduan berikut ini yuk!

Cara Cek Kesehatan Hardisk Pakai Perintah WMIC

Cara cek kesehatan hardisk bisa Anda lakukan dengan mengandalkan perintah WMIC. Apa itu WMIC? Ini merupakan command-line interface atau sebuah tool yang mengizinkan kita sebagai pengguna komputer untuk menjalankan tugas-tugas administratif terhadap komputer, salah satunya adalah melakukan pengecekan kesehatan hardisk.

Tool ini memiliki fitur unik, yakni S.M.A.R.T yang artinya adalah self-monitoring, analysis, and reporting technology. Fitur ini memiliki kemampuan melakukan monitoring dan analisa terhadap dirinya sendiri, dalam hal ini adalah hardisk. Untuk melakukan pengecekan menggunakan cara ini sangat mudah dan praktis.

Pertama, tekan tombol Windows dan juga R untuk menampilkan jendela pencarian pada windows. Selanjutnya, ketik cmd dan tekan OK. Windows akan menampilkan command prompt, dan kita bisa mulai menuliskan perintah CMIW untuk melakukan pengujian kesehatan hardisk.

Tuliskan perintah “wmic” lalu enter. Tulis lagi perintah “diskdrive get status”, lalu enter sekali lagi. Tunggu beberapa saat sampai status hardisk Anda muncul. Apabila Anda mendapati pesan OK, berarti hardisk dalam kondisi aman dan baik-baik saja.

Namun apabila pesan yang muncul adalah Pred Fail, maka fitur S.M.A.R.T mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya, biasanya hal ini terjadi akibat adanya bad sector pada hardisk. Lantas bagaimana apabila hardisk mengalami bad sector? Maka Anda harus melakukan pengujian lebih lanjut dan mencarikan solusinya.

Cek Kesehatan Hardisk Menggunakan Tool Windows CHKDSK

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk memantau kesehatan hardisk ekternal adalah dengan menggunakan tool windows CHKDSK. Langkah ini simpel karna tidak mengharuskan kita mengunduh dan menginstall software pihak ketiga. CHKDSK adalah tool bawaan windows yang mampu menjalankan fungsi pemindaian terhadap hardisk.

Bukan hanya memindai masalah, tool CHKDSK juga mampu memberikan Anda penawaran solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada hardisk. Lalu, bagaimana cara cek kesehatan hardisk menggunakan tool CHKDSK?

  • Pertama, pastikan hardisk yang ingin Anda cek sudah terhubung dengan komputer. Klik kanan, lalu pilih properties.
  • Ada beberapa menu yang tampil pada tab properties, silahkan pilih menu tools dan pilih opsi pengecekan hardisk yang tersedia pada kotak dialog yang muncul.
  • Langkah berikutnya, silahkan klik check atau check now, dan proses pemindaian dan perbaikan hardisk akan dimulai.
  • Apabila hardisk dalam keadaan yang baik-baik saja, akan tampil pesan bahwa Anda tidak perlu melakukan pengecekan lebih lanjut. Jika ternyata hardisk mengalami masalah, maka tampil pesan sebaliknya.

Mudah bukan?

Itulah tadi dua cara cek kesehatan hardisk internal dan eksternal yang bisa Anda lakukan. Selain itu, masih ada beberapa cara lain. Pengujian hardisk bisa Anda lakukan melalui tools pabrikan yang disediakan secara khusus oleh pabrikan hardisk.

Anda juga bisa menggunakan software atau aplikasi pihak ketiga. Dari cara-cara tadi, dua cara cek kesehatan hardisk ini adalah yang paling praktis dan terbilang akurat.

error: This content is protected by DMCA