Cara Mudah Membuat M Banking BNI

anakpelajar.com – Untuk menunjang kemajuan teknologi pada era digital Bank BNI telah menyediakan layanan bernama mobile banking. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan nasabah BNI untuk melakukan transaksi secara langsung dengan melalui smartphone. Cara membuat M Banking BNI juga terbilang cukup mudah.

Layanan dalam BNI Mobile Banking ini juga terbilang cukup lengkap. Anda bisa melakukan segala bentuk transaksi secara online dan pembayaran segala bentuk tagihan ataupun online shopping.

Adanya layanan elektronik digital ini meningkatkan efisiensi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan maupun aktivitas online apapun. Selain itu keamanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi juga terjamin.

Bagi Anda yang ingin mendaftar atau menggunakan M-Banking BNI pasti mencari apa saja kelebihan menggunakan layanan ini terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa keunggulan M-Banking BNI :

Kelebihan M-Banking BNI

Karena dari segi efisiensi penggunaan dan cara membuat M-Banking BNI ini terbilang lebih cepat dan praktis. Pengguna tidak memerlukan kode format perintah atau alat tambahan seperti token atau e-secure.

1. Cepat dan Mudah

Salah satu keunggulan M-Banking BNI yang paling utama yaitu karena penggunaan yang cepat dan mudah. Setelah berhasil login pada laman aplikasi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan transaksi.

2. Aman dan Nyaman

Kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan sebuah layanan perbankan adalah faktor utama yang menjadi pertimbangan setiap nasabah. Penggunaan M-Banking BNI ini sudah terjamin keamanannya.

3. Bebas Biaya Administrasi

Mulai dari proses pengunduhan aplikasi hingga aktivasi M-Banking Anda tidak memerlukan biaya tambahan sepeser pun. Biaya pengelolaan rekening setiap bulan juga masih tetap sama. Begitu juga dengan aktifitas transaksi pembayaran pun tidak ada potongan atau biaya tambahan.

4. Dapat Digunakan Ke Luar Negeri

Bagi pengguna yang sering bepergian ke luar negeri tidak perlu khawatir. Layanan M-Banking ini tidak ada batasan wilayah dan tempat. Layanan ini tersedia dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan.

5. Transaksi Beragam dan Lengkap

Banyak transaksi online yang bisa Anda lakukan menggunakan M-Banking BNI ini. Layanan ini juga sudah memiliki fitur terbaru yang bisa transfer tanpa memasukkan nomor rekening tujuan dan tarik tunai ATM tanpa kartu.

Setelah mengetahui beberapa keunggulan menggunakan layanan M-Banking BNI tentu Anda akan tertarik untuk mendaftar. Oleh sebab itu, simak cara membuat M Banking BNI melalui smartphone berikut ini.

Cara Membuat M Banking BNI

Terdapat dua cara membuat BNI Mobile Banking. Cara yang pertama adalah dengan mengunjungi cabang BNI terdekat untuk melakukan registrasi. Cara kedua yaitu cukup dengan mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking.

1. Pastikan Rekening BNI Aktif

Mustahil jika ingin membuat M-Banking tanpa memiliki rekening BNI yang aktif. Ini merupakan persyaratan utama sebelum membuat M-Banking BNI. Nasabah harus mempunyai rekening yang masih aktif melakukan transaksi.

Perlu juga untuk diketahui jika rekening BNI akan hangus apabila tidak melakukan transaksi apapun dalam kurun waktu tiga bulan. Akan tetapi jika dalam waktu tersebut rekening masih mendapatkan transfer dengan rutin maka rekening masih terbilang aktif.

2. Mengunduh Aplikasi M-Banking BNI

Nasabah BNI dapat mengunduh aplikasi M-Banking BNI melalui Google Playstore atau Apple Store secara gratis. Kemudian setelah aplikasi berhasil terpasang lalu buka aplikasi dan pilih menu Aktivasi pada laman utama.

3. Persiapkan Segala Dokumen

Untuk mengaktifkan M-Banking BNI maka butuh beberapa data diri secara resmi pada pengguna. Oleh sebab itu persiapkan KTP, Kartu ATM, dan Buku Tabungan agar dapat melengkapi persyaratan aktivasi dengan benar.

4. Input User ID

Anda akan mendapatkan user ID saat melakukan registrasi ke customer service. Dan pada saat aktivasi masukkan user ID sesuai dengan kolom yang tertera.

5. Input Nomor Kartu Debit

Masukkan 16 digit nomor pada kartu debet Anda dengan benar sesuai pada kolom yang tersedia.

6. Input Kode OTP Pada SMS

Laman akan menampilkan perintah untuk mengirim kode OTP melalui SMS. Pengguna akan mendapat kode OTP pada nomor yang sudah terdaftar. Pastikan Anda mempunyai pulsa (minimal Rp 10.000) untuk pengiriman OTP melalui SMS. Ketika sudah menerima kode OTP silahkan masukkan 4 digit nomor yang sesuai.

7. Buat MPIN

Untuk bisa login ke M-Banking BNI membutuhkan sebuah password yaitu MPIN. MPIN ini terdiri dari 6 digit angka. Akan tetapi usahakan untuk tidak menggunakan PIN default (angka urut dan kembar) atau tanggal lahir. Anda bisa menyamakan kode MPIN dengan PIN ATM.

8. Buat Password Transaksi

Setelah membuat MPIN maka Anda juga harus membuat password lain yaitu password transaksi. Fungsi dari MPIN hanya untuk login pada laman M-Banking akan tetapi untuk melakukan transaksi seperti transfer, atau melakukan pembayaran Anda butuh password transaksi.

Hal ini bertujuan demi keamanan pengguna dalam bertransaksi melalui M-Banking. Password transaksi terdiri dari kombinasi angka dan huruf sebanyak (8-12 karakter). Usahakan untuk tidak mengandung nama nasabah dan jangan samakan dengan user ID.

Setelah melakukan serangkaian proses tersebut, maka secara otomatis Anda sudah terdaftar M-Banking BNI. Pastikan mengisi alur registrasi pendaftaran dengan benar dan mengakhiri dengan perintah Lanjut.

Demikian adalah cara membuat M-Banking BNI dengan mudah tanpa harus mengunjungi cabang kantor BNI. Cara tersebut bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Pastikan Anda sudah terhubung dengan jaringan internet saat melakukan registrasi M-Banking BNI.

error: This content is protected by DMCA