Cara Memindah Kontak ke HP Baru

anakpelajar.com – Apa yang akan Anda lakukan pertama kali ketika berhasil membeli HP baru? Apakah berselfi ria, atau update status di sosial media? Tindakan ini boleh-boleh saja dilakukan sebagai ungkapan rasa bahagia. Tetapi, jangan sampai lupa dengan hal yang penting-penting ya. Misalkan saja memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru. Supaya tidak memakan waktu lama, ada cara memindah kontak ke HP baru yang cepat dan praktis. Penasaran? Simak ulasan berikut yuk!

Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada berhasil membeli HP baru untuk mengganti yang lama, benar bukan? Namun, jangan terlalu senang terlebih dahulu. Sebab ada hal-hal penting yang harus Anda selesaikan ketika mengganti HP baru. Apa saja hal tersebut?

Salah satunya adalah memindah kontak dari HP lama. Karena jumlah kontak yang tidak sedikit, pekerjaan ini tentu memakan waktu yang lama. Tapi tenang, kami memiliki cara pindahkan kontak dari HP lama ke HP baru dengan cepat. Kita bisa memanfaatkan akun email, kartu SIM atau memori card. Bagaimana caranya?

Berikut adalah tiga cara pindahkan kontak dari HP lama ke HP baru yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda. Simak, ya.

Tiga Cara Memindah Kontak ke HP Baru, Mudah dan Cepat!

Membeli HP baru, berarti Anda harus memindahkan file-file penting yang tersimpan pada HP lama. File penting ini dapat berupa kumpulan foto, video, file audio, berkas-berkas penting, dan juga nomor HP. Soal foto, video dan berkas penting, pasti kita tahu bagaimana cara memindahkannya bukan?

Kita bisa memanfaatkan banyak media penyimpanan, seperti Google Drive, memori card, ataupun flashdisk. Yang perlu kita lakukan hanya memindahkan atau menyalinnya seperti biasa. Hal yang sering menjadi permasalahan adalah bagaimana cara memindah kontak ke HP baru.

Kita tentu sadar bahwasanya nomor telepon adalah sesuatu yang penting. Dengan ini kita bisa saling berkomunikasi untuk berbagai kepentingan. Mengganti HP, berarti juga kita harus memindahkan kontak yang tersimpan di HP lama ke HP baru. Benar bukan? Lantas, apa cara yang biasa Anda lakukan untuk memindah kontak ke HP baru?

Apakah dengan menuliskannya di kertas terlebih dahulu? Atau menyalin kontak satu per satu? Bayangkan, jika ternyata ada 200 kontak yang harus Anda pindahkan, bukankah pekerjaan ini sangat merepotkan?

Ternyata, ada cara memindah kontak ke HP baru yang cepat dan juga praktis lho. Cara ini bisa Anda manfaatkan apabila sewaktu-waktu harus memindahkan kontak akibat berganti HP. Mau tau bagaimana caranya? Kita simak satu per satu yuk!

Cara Pindahkan Kontak dengan Akun Google

Cara pertama yang bisa kita manfaatkan untuk memindahkan kontak ke HP baru adalah dengan akun Google. Masing-masing dari kita tentu memiliki akun google bukan? Akun Google bisa kita katakan sebagai username yang bisa kita gunakan untuk mengakses berbagai layanan dari Google. Mulai dari Gmail, Map, Google Drive, Notes, dan berbagai produk Google lainnya.

Selain itu, akun Google juga bisa kita manfaatkan sebagai media penyimpanan cloud. Atau yang biasa kita kenal dengan Drive. Media penyimpanan ini tersedia gratis dengan maksimum kapasitas adalah 15 Gb. Jika file atau berkas yang Anda punya melebihi kapasitas gratis dari Google, maka Anda harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan.

Kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 Gb inilah yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan kontak HP. Bagaimana caranya? Pertama, silahkan buka menu settings atau pengaturan pada ponsel lama. Lalu pilih menu akun, dan cari akun Google Anda.

Silahkan klik pada akun Google tersebut, lalu pilih sinkronisasi akun. Akan tampil banyak pilihan disini, silahkan temukan pilihan kontak, lalu aktifkan tombol sinkronisasi pada bagian kanan. Tunggu beberapa saat sampai semua kontak HP Anda berhasil di transfer ke akun Google. Sederhana bukan?

Setelah berhasil memindahkan kontak HP ke akun Google, selanjutnya Anda bisa log out dari HP lama, dan login kembali pada HP baru. Ketika berhasil login, maka data-data kontak yang Anda pindahkan tadi akan langsung muncul secara otomatis.

Cara Pindahkan Kontak HP ke Kartu SD

Cara memindah kontak ke HP baru juga bisa Anda lakukan dengan mengekspornya ke kartu SD. Ini bisa jadi alternatif apabila ternyata sinkronisasi akun Google tadi tidak berhasil. Cara ekspor kontak ke kartu SD tidaklah sulit. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan kartu SD yang akan menjadi media penyimpanan.

Pasang kartu SD pada ponsel lama, lalu eksport kontak ke kartu SD. Setelah selesai, kita bisa memindahkan kartu SD dari HP lama ke HP baru. Sederhana bukan? Sayangnya, cara ini hanya bermanfaat untuk sebagian orang saja. Karena ada beberapa tipe HP yang hanya menyediakan penyimpanan internal saja. Ini artinya ponsel tersebut tidak memiliki slot kartu SD, sehingga mustahil proses eksport bisa terlaksana.

Lalu bagaimana solusinya? Anda tak perlu risau, sebab masih ada alternatif pertama dan ketiga yang ramah untuk seluruh tipe HP.

Cara Pindahkan Kontak ke HP Baru dengan SIM Card

Selain sinkronisasi akun Google, eksport ke kartu SD, ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Yakni dengan memindahkan penyimpanan kontak ke SIM card. Bagaimana cara memindah kontak ke HP baru dengan SIM card? Caranya tak jauh berbeda dengan eksport ke kartu SD tadi. Namun, cara ini hanya bekerja apabila Anda ingin tetap menggunakan SIM card lama di HP baru nantinya.

Hal lain yang perlu Anda ketahui perihal menyimpan kontak di SIM card adalah kapasitas penyimpanannya. Sampai saat ini, SIM card hanya mampu menyimpan 200 kontak saja. Jika ternyata jumlah kontak yang ada lebih banyak, maka silahkan gunakan alternatif pertama atau kedua tadi ya.

Itulah tadi tiga cara memindah kontak ke HP baru. Anda bebas ingin memilih cara yang mana. Bisa memakai akun Google, eksport ke kartu SD, atau menggunakan SIM card saja. Dari ketiganya, masing-masing memiliki kelebihan dan juga resiko yang berbeda. Namun, sinkronisasi akun Google bisa kita katakan yang paling aman. Selamat mencoba!

error: This content is protected by DMCA