Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa ke Bank

anakpelajar.com – Cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank merupakan salah satu topik yang paling banyak dicari oleh nasabah BNI. Sebab berkaitan dengan uang yang mereka simpan, tidak heran jika nasabah akan langsung panik ketika terjadi masalah pada kartu ATM.

Bank Nasional Indonesia atau BNI termasuk bank terbesar di negara ini. Terhitung sudah ada jutaan pengguna ATM BNI di berbagai wilayah.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, potensi terjadinya masalah pada kartu ATM menjadi cukup besar. Untungnya, bank ini sudah memiliki sistem perbaikan yang sangat baik.

Sistem tersebut memungkinkan nasabah tidak perlu datang langsung ke bank ketika ATM terblokir. Terutama jika penyebabnya adalah masalah-masalah yang ringan.

4 Penyebab ATM BNI Terblokir

Sebelum lebih jauh membahas cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank, kita perlu mengetahui dulu apa saja faktor ATM dapat terblokir.

Secara umum, ada 4 penyebabnya, yaitu:

1. Kesalahan memasukkan PIN lebih dari tiga kali

Bank BNI menerapkan sistem pemblokiran otomatis terhadap kartu ketika nasabah salah memasukkan PIN lebih dari 3 kali. Sistem ini adalah bagian dari kebijakan keamanan bank.

Kesalahan memasukkan PIN berturut-turut memberikan indikasi bahwa mungkin orang lain yang mengakses kartu Anda. Ketika kartu terblokir otomatis, seluruh saldo dalam rekening Anda akan tetap aman.

2. Kartu ATM Tertelan

Ketika Anda salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut, maka mesin ATM akan menelan kartu tersebut. Bukan saja kehilangan kartunya, otomatis rekening juga terblokir.

Jadi, meskipun Anda memiliki BNI Mobile, rekening tersebut tidak bisa digunakan dalam kondisi ini. Namun selain kesalahan memasukkan PIN, faktor-faktor lain juga bisa menyebabkan kartu tertelan.

Contohnya, kesalahan melakukan perintah berulang kali atau sistem mesin sendiri yang bisa error. Namun tenang saja. kesalahan karena faktor teknis ini bisa diselesaikan dengan cara membuka blokir ATM tanpa ke bank.

3. Terindikasi Transaksi yang Tidak Wajar

Misalnya, ketika sistem mendeteksi ada penarikan rekening dalam jumlah besar melalui perangkat asing. Pihak bank nantinya akan memberikan langkah verifikasi darurat, dan jika gagal, ATM otomatis terblokir.

4. Kartu ATM Kadaluarsa

Sebagaimana nomor PIN, kartu ATM juga wajib diperbarui. Adapun jangka waktu maksimal penggunaan kartu ATM adalah 2 tahun.

Lebih dari waktu tersebut, nasabah harus melakukan upgrade kartu baru ke kantor bank terdekat. Untuk faktor pemblokiran yang satu ini, Anda harus datang langsung ke bank.

Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Harus Bank

Setelah mengetahui ciri-ciri ATM BNI terblokir dan penyebabnya, kini kita membicarakan cara mengatasi ATM BNI terblokiir tanpa ke bank.

Caranya sebenarnya tidak sulit, bahkan tidak membutuhkan waktu lama. Anda hanya perlu mempunyai pulsa atau kuota internet.

Langsung saja, berikut caranya:

Menghubungi BNI Call (1500046)

Sebelumnya, pastikan telepon selular Anda sudah memiliki saldo pulsa. Kemudian langsung hubungi nomor BNI Call resmi yaitu 1500046.

Lalu apa saja yang akan ditanyakan dalam panggilan ini?

  • Memilih problem apa yang sedang Anda alami. CS akan memberikan dua pilihan yaitu laporan kartu hilang dan kartu yang terblokir. Untuk masalah pertama, nasabah harus menekan angka satu.

Dalam kasus ATM terblokir, Anda bisa menekan nomor 2.

  • Langkah selanjutnya, tekan nomor 1 untuk berbincang langsung dengan Customer Service (CS). Sebelumnya, Anda akan diminta memilih kartu debit yang digunakan.
  • Jika sudah terhubung dengan CS, Anda bisa menceritakan permasalahan pemblokiran. Ikuti intruksi CS untuk menjalani prosedur pemulihan.

Melalui panggilan ini, ATM Anda bisa kembali seperti semula tanpa melalui proses cara mengurus ATM BNI ke bank. Sangat mudah, bukan?

Alternatif Mengatasi ATM BNI Terblokir

Sejujurnya, cara mengatasi ATM BNI terblokiir tanpa ke bank di atas belum menjamin masalah Anda bisa selesai. Beberapa faktor pemblokiran terkadang mengharuskan Anda untuk datang langsung ke kantor bank terdekat.

Beberapa faktor penyebab tersebut adalah, pemilik lupa nomor PIN, pemblokiran sebab transaksi yang mencurigakan atau kartu sudah kadaluarsa. Masih mungkin ada beberapa faktor lain, sesuai intruksi CS.

Lalu bagaimana jika benar nasabah harus mengurus pemblokiran kartu melalui bank BNI terdekat? Sebenarnya caranya tidak kalah mudah dan cepat.

Berikut prosedur dan persyaratan yang harus nasabah penuhi untuk memulihkan kartu ATM yang terblokir:

  • Jangan lupa membawa buku rekening, kartu ATM, dan kartu identitas seperti KTP:
  • Setelah sampai di bank BNI terdekat, ambil nomor antrian untuk Customer Service. Kemudian tunggu hingga nomor antrian tersebut terpanggil;
  • Setelah dipanggil, CS akan menanyakan bantuan apa yang Anda perlukan. Ceritakan permasalahan pemblokiran kartu tersebut;
  • CS akan meminta kartu identitas dan memasukkan nomor PIN. Tinggal ikuti prosedur untuk mendapatkan kartu ATM kembali. CS selalu tahu bagaimana cara mengatasi masalah nasabah.

Kemudahan Mengatasi Masalah Pemblokiran ATM BNI

Melalui pembahasan mengenai cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank, tidak seharusnya kita langsung panik ketika masalah tersebut terjadi. Terutama jika Anda dalam keadaan sangat sibuk.

Lakukan langkah pertama dengan menghubungi BNI Call. Layanan ini selalu terbuka selama jam kerja yaitu pukul 08.00 sampai 16.00. Selain jam tersebut, tidak akan dilayani.

Terlepas dari itu, alangkah baiknya jika kita selalu melakukan langkah antisipasi agar pemblokiran tidak terjadi. Misalnya dengan mencatat PIN ATM agar tidak lupa, menjaga keamanan PIN, dan lain-lain.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengatasi ATM BNI terblokiir tanpa ke bank. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan dan keluarga untuk menebarkan manfaatnya.

error: This content is protected by DMCA