hit tracker

Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

anakpelajar – Tahukah Anda bagaimana cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita? Kasus penyadapan WA bukanlah hal yang baru, kasus ini semakin sering terjadi seiring dengan kemahiran manusia dalam memanfaatkan teknologi. Tindakan penyadapan pada WhatsApp, adalah bentuk perilaku tercela karena melanggar privasi. Namun entah bagaimana, masih ada saja oknum yang berminat untuk melakukan hal ini tanpa kita tahu apa kepentingannya.

Perilaku penyadapan adalah salah satu bentuk daripada cyber crime atau kejahatan dunia maya. Karena tindakan ini merupakan contoh pelanggaran privasi dan dapat membahayakan korban karena bersinggungan dengan pencurian informasi pribadi.

Sebagai aplikasi chatting nomor satu khususnya di Indonesia, pihak developer WhatsApp tentu saja memiliki kebijakan tertentu dalam hal keamanan pengguna. Bahkan, aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi chatting paling aman dibandingkan aplikasi sejenis. Namun kenyataannya, korban penyadapan masih terus saja ada sampai sekarang ini.

Sebagai pengguna WA, tentunya hal ini perlu kita waspadai. Ada sejumlah cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita. Namun sebelum itu, Anda juga perlu tahu apa saja ciri dari WA yang sudah berhasil disadap oleh orang lain. Lantas, apa saja cirinya? Mari kita simak ulasan berikut ini!

Ciri-Ciri WA disadap & Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Selama ini kita sudah terbiasa dengan segudang fitur canggih yang ada pada WhatsApp. Dengan fitur ini kita bisa berkomunikasi dengan baik. Namun sayang, kita juga harus menghadapi berbagai bentuk resiko daripada WhatsApp itu sendiri.

Salah satu resiko yang sangat merugikan adalah tindakan penyadapan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebagai pengguna, pastinya kita tak ingin pesan-pesan yang kita kirimkan atau terima menjadi konsumsi publik. Ini merupakan bagian dari privasi, dan privasi bukan sesuatu yang layak sebagai konsumsi publik.

Berbicara terkait privasi, WhatsApp pun sebenarnya telah berupaya untuk menciptakan aplikasi yang mengutamakan privasi pengguna. Bahkan WhatsApp sudah memiliki fitur enskripsi end-to-end. Sekalipun demikian, nyatanya tindakan penyadapan ini masih ada.

Lantas, bagaimana solusinya? Sebagai langkah awal untuk mencegah, sebagai pengguna kita harus selalu waspada dengan mengaktifkan pengaturan enskripri end-to-end tadi. Selanjutnya, kita juga perlu mencari tahu apa saja ciri-ciri WA yang disadap, dan juga bagaimana cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita.

Dengan pengetahuan ini, kita bisa langsung bertindak apabila mendapati salah satu ciri yang menandakan bahwa ada oknum tertentu yang berupaya melakukan pembajakan. Lantas, apa saja ciri WA yang disadap? Berikut daftar lengkapnya.

1. WhatsApp Tiba-Tiba Log Out

Ciri pertama yang menandakan bahwa WA kena sadap adalah keluar atau log out secara tiba-tiba. Ini merupakan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pihak developer WhatsApp itu sendiri, yakni tidak mengizinkan adanya nomor yang dipakai untuk dua device atau perangkat berbeda.

Jika ternyata ada nomor yang login pada dua perangkat berbeda, maka secara otomatis WhatsApp akan log out dari perangkat yang lama. Selain itu, untuk login ke perangkat baru WhatsApp membutuhkan verifikasi, yakni dengan meminta sebaris kode OTP.

Jika WhatsApp Anda tiba-tiba log out, lalu ada pesan masuk berisi kode OTP, bisa kita pastikan bahwa ada oknum tidak bertanggung jawab yang tengah mencoba menyadap WhatsApp Anda. Lantas, seperti apa solusinya?

Solusi awal yang bisa Anda lakukan adalah tidak memberikan kode OTP kepada siapapun. OTP adalah singkatan dari One Time Password, yang artinya ini merupakan password yang sifatnya sementara dan personal. WhatsApp hanya akan mengirimkan kode OTP ini kepada nomor yang sudah terdaftar.ย  Apabila Anda tidak pernah meminta kode OTP, namun ada pesan masuk berisikan kode ini, maka sebaiknya Anda mulai waspada.

โœ…  Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Yang Sudah Terhapus

2. Chat Terbaca Sebelum Anda Membukanya

Ciri WA disadap yang kedua adalah chat yang sudah terbaca padahal Anda belum membuka WhatsApp sama sekali. WhatsApp menyediakan fitur untuk membedakan antara pesan terkirim, pesan sampai kepada penerima, dan juga pesan yang sudah terbaca. Apabila pesan belum terbaca namun sudah terkirim, simbolnya adalah centang dua berwarna abu-abu.

Sedangkan untuk pesan yang sudah terbaca, maka simbolnya adalah centang dua berwarna biru. Penanda ini tidak akan berubah dengan sendirinya, kecuali ada yang memiliki akses terhadap WhatsApp selain Anda sendiri.

Jika Anda mendapati kasus pesan yang sudah terbaca padahal belum membuka WhatsApp, bisa saja ini merupakan upaya penyadapan WA. Lantas, bagaimana cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita? Jawaban atas pertanyaan ini cukup sulit. Biasanya, mereka yang berhasil melakukan penyadapan adalah orang-orang yang memang lihai bermain dengan teknologi, atau dalam istilahnya sering kita sebut hacker.

Sulit untuk menemukan identitas asli mereka. Tindakan yang paling mungkin kita lakukan apabila mendapati ciri WhatsApp kena sadap adalah mengamankan akun dengan segera. Lalu bagaimana cara mengamankan akun WhatsApp? Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp

Ketika mendapati salah satu ciri WhatsApp kena sadap, Anda harus bergegas melakukan pengamanan supaya hacker tidak berhasil menuntaskan misinya. Lantas, bagaimana cara melakukan pengamanan pada WhatsApp?

Pertama, log out dari semua perangkat, baik itu ponsel maupun komputer. Log out adalah cara paling mungkin yang bisa kita lakukan untuk menghentikan upaya penyadapan WA. Tunggu beberapa saat, lalu silahkan login kembali dengan kode OTP yang Anda terima melalui pesan teks. Setelahnya, WhatsApp akan berjalan seperti biasa.

Cara kedua untuk mengamankan WhatsApp adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Apa maksudnya? Ini adalah fitur keamanan yang ada pada WhatsApp. Dengan begini, Anda bisa membuat WhatsApp lebih aman daripada biasanya. Cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah sangat mudah, namun prosesnya lumayan rumit.

Silahkan buka WhatsApp pada ponsel Anda saat ini, lalu pilih menu setting dan pilih menu akun. Pada menu akun, Anda akan menemukan pilihan verifikasi 2 langkah. Silahkan pilih, lalu ikuti prosesnya sampai selesa.

Itulah tadi ciri dan juga upaya pencegahan yang bisa kita lakukan. Harapannya dengan ini kita bisa terhindar dari penyadapan oleh oknum tak bertanggung jawab. Daripada pusing mencari cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita, bukankah melakukan upaya pencegahan jauh lebih mudah? Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

๐Ÿ“ˆ TRENDING PENCARIAN

Cara Melihat Whatsapp Web Di Hp - Cara Mengetahui Hp Kita Dilacak- Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap Hp Kita - Cara Mengetahui Wa Disadap Jarak Jauh - Cara Mengetahui Wa Disadap Pakai Whatsapp Web - Cara Menghentikan Wa Disadap - Gambar Wa Disadap - Kode Untuk Mengetahui Wa Disadap -
THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA