Cara Menonaktifkan Mode Aman di Hp Samsung

anakpelajar.com – Bagi pengguna android seperti merk hp Samsung, tentu saja sudah familiar dengan mode aman atau safe mode. Sayangnya, mode aman ini sering kali tanpa sengaja aktif pada ponsel Samsung. Cara menonaktifkan mode aman di hp Samsung pun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui alasan mengapa mode aman pada hp Samsung ini bisa aktif tanpa anda ketahui. Salah satu penyebabnya yaitu, Anda tanpa sengaja mengaktifkan mode aman tersebut tanpa disadari.

Selain itu, mode aman di hp Samsung juga bisa aktif karena indikasi aplikasi yang berpotensi membahayakan. Safe mode di hp Samsung memiliki fungsi untuk penggunanya. Seperti contoh, mendeteksi adanya bug atau masalah pada sistem android anda.

Fungsi fitur mode aman lainnya pada hp Samsung juga dapat mendiagnosis kerusakan pada sistem software android Anda. Apabila akses perijinan untuk sistem root aktif pada hp Samsung, tentunya mode aman juga bisa aktif karena hal ini.

Biasanya, fitur mode aman yang aktif di hp Samsung mengganggu tampilan pada layar smartphone Anda. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika Anda mengetahui cara menonaktifkan mode aman di hp Samsung.

7 Cara Menonaktifkan Mode Aman di hp Samsung

Seperti yang telah kita ketahui oleh pengguna android Samsung, cara mematikan safe mode ini sangat mudah sekali. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda sudah bisa mengetahui cara menonaktifkan mode aman di hp Samsung.

1. Mulai Ulang Hp

Mode aman yang atktif pada hp Samsung bisa hilang dengan cara memulai ulang hp atau restart. Anda hanya perlu mematikan daya pada hp Samsung dan tunggu beberapa saat untuk menyalakan kembali.

Setelah itu, mode aman pada hp Samsung Anda akan otomatis terhapus atau hilang. Namun, jika Anda belum mengetahui cara memulai ulang pada hp Samsung, cukup tekan tombol power pada bagian kanan dan pilih mode mulai lagi atau restart.

2. Tombol Hp

Selain menggunakan fitur restart atau mulai ulang, Anda juga bisa menggunakan perpaduan kombinasi tombol. Cukup menekan tombol power pada bagian sebelah kiri dan tombol volume bagian bawah.

Cara ini juga terkenal sebagai restart paksa. Berbeda dengan cara restart sebelumnya, cara ini membutuhkan waktu sekitar 5 detik agar mode aman hp Samsung Anda tidak aktif kembali.

3. Notifikasi

Jika mode aman pada hp Samsung telah aktif, Anda akan mendapatkan notifikasi. Cara menonaktifkan mode aman di hp Samsung juga bisa melalui panel notifikasi. Caranya cukup mudah sekali untuk dilakukan.

Anda hanya perlu menarik ke bawah (swipe down) panel notifikasi dan akan muncul pemberitahuan bahwa mode aman telah aktif. Tekan notifikasi tersebut dan pilih matikan  (turn off). Dengan begitu, mode aman di hp Samsung Anda telah nonaktif.

4. Pelepasan Baterai

Khusus pengguna android hp Samsung yang belum menggunakan tipe baterai tanam, cara lepas baterai bisa menjadi opsi. Tentu saja cara ini tidak begitu bagus karena dapat merusak sistem hp Samsung Anda namun tetap bisa Anda lakukan.

Namun, jika belum berhasil dengan menggunakan cara di atas, Anda bisa menggunakan cara ini. Cukup buka penutup hp Samsung Anda kemudia lepas baterai secara langsung. Tunggu beberapa detik dan pasang kembali baterai serta penutup hp.

Anda hanya perlu menyalakan hp Samsung kembali dan mode aman akan secara otomatis hilang atau non aktif.

5. Pabrik Data Hp

Menggunakan cara pabrik data adalah opsi yang tidak perlu Anda gunakan apabila sudah berhasil dengan cara sebelumnya. Alasanya tentu saja agar data yang berada di hp Samsung Anda bisa selamat atau masih ada.

Mode pabrik data sendiri berfungsi untuk menghapus seluruh memori pada hp Samsung baik berupa aplikasi, foto, video, hingga musik. Sebelum melakukan langkah pabrik data, Anda perlu menyimpan data penting pada komputer.

Untuk  melakukan pabrik data, Anda hanya perlu masuk pada menu pengaturan atau setting. Pilihlah menu cadangkan kemudian reset (backup and reset). Setelah itu, pilih reset data pabrik (factory data reset) dan tekan ponsel direset (reset phone).

Setelah melakukan reset data, Anda hanya perlu memasukkan ulang data pindahan dari komputer. Cara menonaktifkan mode aman di hp Samsung ini tentunya sangat mudah. Mode aman akan otomatis non aktif dan tidak muncul lagi pada tampilan layar Anda.

6. Penghapusan Aplikasi

Mode aman di hp Samsung Anda juga bisa aktif karena adanya aplikasi terunduh yang memiliki potensi merusak hp. Seperti fungsi mode aman di hp Samsung, aplikasi tidak dikenal bisa menjadi penyab aktifnya mode aman.

Anda hanya perlu menelusuri aplikasi yang berpotensi merusak sistem hp Samsung. Jika sudah menemukannya, cukup uninstall aplikasi tersebut. Caranya mudah dan Anda bisa melakukannya sendiri.

Cara pertama, anda hanya perlu masuk pada menu pengaturan dan pilih kemudian tekan pilihan aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang terdeteksi mengancam kerusakan hp dan pilih untuk uninstall.

Cara lain untuk uninstall aplikasi di hp Samsung yaitu dengan menekan lama aplikasi terkait. Hanya perlu 3 detik dan aplikasi tersebut bisa dibuang pada logo sampah. Dengan begitu, aplikasi penyebab aktifnya mode aman di hp Samsung akan otomatis mati.

7. Service Center

Cara menonaktifkan mode aman di hp Samsung yang terakhir adalah dengan membawa ke service center. Anda bisa menggunakan cara ini jika hp Samsung anda tidak bisa menonaktifkan mode aman dengan cara sebelumnya.

error: This content is protected by DMCA