Fitur Lengkap Cara Screenshot Samsung A30s

anakpelajar.com – Screenshot atau dalam bahasa Indonesia berarti tangkap layar, adalah fitur untuk menangkap layar pada tampilan hp Anda. Khusunya bagi pengguna Samsung A30s, ada berbagai macam variasi untuk cara secreenshot Samsung A30s.

Hp dengan merk Samsung Galaxy A30s ini adalah produk pengembangan sebelum tipe A30. Tidak jauh beda, cara screenshot Samsung A30s hampir sama dengan tipe lainnya seperti cara screenshot Samsung A31 dan Samsung A32.

Fungsi screenshot sendiri adalah untuk merekam tangkapan layar yang sedang berjalan. Misalnya, jika Anda ingin membeli sebuah produk pada salah satu toko online, gunakan fitur screenshot untuk menangkap layar produk tersebut.

Selain itu, tak hanya untuk menangkap gambar layar suatu produk, berbagai jenis tangkapan layar dapat Anda lakukan. Umumnya, screenshot sendiri adalah fitur penting yang sudah pasti tersedia di berbagai macam smartphone.

Bahkan, tidak akan menjadi lengkap sebuah hp jika tidak memiliki fitur screenshot. Selain itu, fitur screenshot juga bisa Anda dapatkan dengan aplikasi lain selain bawaan dari Samsung A30s itu sendiri.

Namun, Samsung A30s ini sudah memiliki fitur lengkap untuk melakukan screenshot pada layar. Selain melakukan screenshot satu layar, screenshot panjang juga bisa Anda temukan pada Samsung A30s.

Cara Screenshot Samsung A30s Dengan Fitur Long Screenshoot

Screenshot panjang adalah fitur dimana Anda bisa menangkap layar hp tanpa ada batasan. Maksudnya, screenshot Anda tidak akan mendapat halangan hanya dengan sekali tangkap pada satu layar.

Anda dapat menggunakan fitur screenshot panjang untuk menangkap layar secara memanjang ke bawah layar. Sehingga, informasi yang Anda butuhkan tersedia hanya dalam satu hasil tangkapan layar.

Untuk fitur screenshot panjang, Anda hanya perlu mengktifkan fitur screenshot panjang Samsung A30s agar bisa menangkap layar sepanjang yang diinginkan. Ingat, semakin panjang tangkapan layar juga bukan rekomendasi yang disarankan.

Kualitas gambar pada hasil screenshot yang terlalu panjang akan menghasilkan pixel atau kualitas gambar yang buruk. Oleh sebab itu, berhentilah melakukan screenshot jika informasi yang Anda tangkap terlalu panjang.

Nah, informasi kali ini akan membahas tentang cara screenshot Samsung A30s. Banyak sekali cara untuk melakukan screenshot pada layar hp tersebut. Anda hanya perlu mempelajari cara operasi penggunaan dan mempraktekkannya.

Berikut adalah 3 cara screenshot Samsung A30s yang perlu Anda baca. Tujuannya agar Anda paham dan tidak salah saat menggunakan fitur screenshot tersebut.

3 Cara Screenshot Samsung A30s

Cara screenshot Samsung A30s memiliki berbagai cara. Anda tidak perlu ragu untuk mencoba cara di bawah ini agar mengetahui performa hp Samsung A30s. Selain itu, Anda juga bisa menambah pengetahuan tentang cara penggunaan fitur screenshot ini.

1. Menggunakan Tombol

Kombinasi tombol untuk screenshot juga tersedia pada hp Samsung tipe lainnya. Ciri khas ini bisa Anda ingat apabila memiliki hp Samsung dengan merk yang lain. Sehingga, Anda tidak akan menemui kesulitan jika ingin menggunakan fitur screenshot ini.

Cara penggunaan screenshot A30s sangatlah mudah. Anda hanya perlu menekan tombol volume bawah (down) dan power secara bersamaan. Pastikan untuk menekan dengan benar agar screenshot dapat berjalan dengan lancar.

Biasanya, jika salah satu tombol ditekan dengan beda tekanan, fungsi tombol tidak akan bekerja. Sehingga, tagkapan layar tidak akan muncul pada hp. Jadi, tekanlah tombol volume bawah (down) dan power dengan benar agar menghasil screenshot yang Anda inginkan.

2. Menggunakan Gerakan (Gesture)

Cara menggunakan gerakan untuk screenshot pada hp Samsung A30s dapat Anda lakukan. Aktifkan mode palm swipe jika Anda tidak ingin menggunakan kombinasi tombol untuk screenshot.

Palm swipe sendiri bisa Anda aktifkan melalui menu pegaturan (setting). Caranya, masuklah pada menu pengaturan dan pilih fitur lanjutan (advanced settings). Kemudian, carilah menu gerakan dan gestur (motions and gesture).

Langkah terakhir untuk mengaktifkan mode menggunakan gerakan yaitu pilih usapkan telapak tangan untuk mengambil (palm swipe to capture). Nah, jika sudah mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mempraktekkan cara penggunaanya.

Sangat mudah sekali, Anda hanya perlu mengusap permukaan layar hp Samsung A30s. Usapkan layar dengan telapak tangan dari arah samping kiri ke kanan. Sebaliknya, Anda juga bisa memulai screenshot dengan usapan dari samping kanan ke kiri.

Dengan begitu, hasil tangkapan Anda akan muncul pada layar hp Samsung A30s. Anda bisa melihat hasil tangkapan layar pada notifikasi atas hp Anda (preview). Selain itu, hasil screenshot juga akan masuk pada galeri dan manager file Anda.

3. Menggunakan Fitur Screenshot Panjang

Screenshot panjang atau long screenshot adalah salah satu jenis screenshot pada Samsung A30s. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menangkap informasi pada layar secara memanjang ke bawah (scroll).

Langkah pertama jika ingin melakukan screenshot panjang yaitu dengan mengaktifkan fitur aktif pintar (smart capture). Masuk ke dalam menu setting (pengaturan) dan pilih advanced setting (fitur lanjutan).

Kemudian, akan muncul pilihan motions and gesture (gerakan dan gestur) dan Anda hanya perlu menekan menu tersebut. Terakhir, aktivasi smart capture (aktif pintar) dapat digunakan setelah Anda menekan tombol tersebut.

Setelah aktif, Anda dapat mencoba menggunakan fitur screenshot panjang dengan menagkap layar satu kali saja dan tunggu menu smart capture (aktif pintar) muncul. Kemudia pilih logo panah dan scroll ke bawah hingga mendapatkan tangkapan yang sesuai.

Kemudian, pilih logo panah kembali untuk mengakhiri hasil tangkapan layar. Nah, hasil long screenshot Anda akan tersimpan pada galeri. Cek hasil tangkapan layar dan Anda dapat mengulang long screenshot kembali jika merasa kurang puas dengan hasilnya.

Dengan cara di atas, Anda bisa melakukan screenshot panjang tanpa aplikasi lainnya. Anda tidak memerlukan aplikasi lain untuk melakukan screenshot pada Samsung A30s. Karena, cara screenshot Samsung A30s sendiri sudah banyak dan Anda hanya perlu memilih salah satu saja.

error: This content is protected by DMCA