Cara Upload Video ke Google Drive Melalui HP

anakpelajar.com – Pernahkan Anda merasakan kesulitan melakukan upload file, terlebih file video ke akun Google Drive Anda? Banyak orang yang menggunakan Google Drive karena kemudahan dalam mengaksesnya. Berikut cara upload video ke google drive melalui HP yang bisa Anda praktekkan.

Dewasa ini siapa sih tidak mengenal Google? Selain memiliki mesin pencarian, Google juga memiliki produk lain yang sangat populer dan banyak digunakan, yakni Google Drive. Banyak orang menggunakannya untuk menyimpan file secara online sehingga bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja.

Salah satu kemudahan lain yang membuat banyak orang lebih memilih Google Drive untuk media penyimpanan adalah karena memberikan 15 GB layanan penyimpanan gratis untuk satu akun Google.

Namun sebelum berbicara mengenai cara upload video ke Google Drive melalui HP, ada baiknya untuk mengetahui apa itu Google Drive dan fungsi-fungsinya.

Apa itu Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data tersinkronisasi berbasis cloud yang dibuat oleh oleh Google. Google Drive pertama kali muncul pada 24 April 2012 dan iming-iming layanan untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat berbeda, dan berbagi berkas.

Layanan Google Drive ini tersedia dalam bentuk desktop maupun smartphone. Karena itu Anda bisa melakukan upload fil, termasuk upload video ke Google Drive melalui HP atau smartphone. Selain file video, Anda bisa menyimpan file dokumen, gambar, maupun audio dengan kapasitas maksimal sebesar 15 GB secara gratis.

Fungsi Google Drive

Yang pertama, Google Drive berfungsi sebagai media penyimpanan data berupa dokumen, video, gambar, maupun audio secara online. Selain itu ada beberapa fungsi lain seperti berbagi file, edit file, membuat catatan dari Google Keep, hingga untuk menyimpan link.

Keunggulan Google Drive

Selain sebagai media penyimpanan berbasis cloud, Google Drive juga menawarkan keunggulan lainnya. Yang pertama adalah Google menawarkan keamanan data yang tersimpan di dalam akun Google Drive. Selain aman, juga terjamin bisa menggunakan data yang sudah tersimpan itu di mana saja dan kapan saja.

Butuh penyimpanan lebih besar? Google juga menawarkan memori yang lebih besar dari 15GB. Anda hanya perlu membeli penyimpanan tambahan dengan ukuran sesuai kebutuhan Anda dan Anda harus menyetujui syarat pembayaran yang ditentukan di Persyaratan Layanan Google Payments.

Cara Upload File ke Google Drive

Anda bisa mengunggah/upload, melihat, membagikan, dan melakukan editing dengan Google Drive. Ketika Anda mengupload ke Google Drive, Anda bisa mengupload file atau video ke folder milik orang lain asalkan tahu cara upload video ke google drive orang lain.

  1. Pertama, buka situs google drive (https://drive.google.com/drive/my-drive)
  2. Klik tulisan baru (+)
  3. Pilih apakah Anda ingin mengupload folder, file, atau membuat folder
  4. Upload File

Cara Mengunggah Video ke Google Drive Melalui HP

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, selain melalui desktop, Anda juga bisa mengakses Google Drive melalui smartphone atau HP. Salah satu yang saat ini banyak sekali orang yang memakainya adalah mengupload video pembelajaran di Google Drive melalui HP.

Bagaimana caranya? Berikut cara upload video ke google drive melalui HP:

  1. Pertama yang perlu Anda pastikan adalah HP Anda memiliki aplikasi Google Drive. Silakan download di playstore apabila Anda belum memilikinya.
  2. Silahkan Sign In menggunakan akun Google Email Anda.
  3. Ketika aplikasi terbuka, klik tAnda (+) yang berada di sudut kanan bawah untuk upload video yang Anda inginkan.
  4. Setelah Anda pilih video yang Anda inginkan, kemudian klik tulisan “Upload”.
  5. Tunggu hingga proses upload selesai.
  6. Selamat video Anda sudah tersimpan di Google Drive

Sebagai informasi, file video yang bisa Anda upload ke google drive adalah jenis file: .MOV, .AVI, .MPEGPS, WebM, .MPEG4, .3GPP,  .WMV, .FLV, dan .ogg.

Bagaimana Cara Upload File ke Google Drive Orang Lain Melalui HP?

Setelah tahu bagaimana cara upload video ke Google Drive melalui HP, ternyata Anda juga bisa upload file ke Google Drive orang lain melalui HP. Bagaimana agar orang lain juga bisa upload dalam folder Google Drive Anda? Inilah cara upload di google drive melalui link selengkapnya.

1. Klik Bagikan/Share

Masuk ke dalam folder yang ingin Anda bagikan. Kemudian klik kanan dan akan keluar beberapa opsi, pilih Bagikan atau Share.

2. Masukkan Email

Setelah klik Bagikan atau Share, kemudian masukkan alamat email teman Anda pada kolom yang sudah tersedia. Setelah itu tekan selesai.

3. Beri Akses

Setelah itu akan keluar jendela baru untuk mengelola akses yang akan Anda berikan kepada teman Anda. Anda bisa memilih akses hanya melihat atau bisa mengedit isinya. Pilih sebagai editor apabila Anda ingin teman Anda juga upload file ke folder di Google Drive Anda.

Setelah memasukkan alamat email dan memilih akses yang tersedia, klik kirim. Maka Anda dan teman Anda bisa saling berbagi drive penyimpanan. Cara ini sangat memudahkan Anda dalam membagikan file atau dokumen kepada kelompok atau tim.

Adanya Google Drive dalam era digital sangat membantu memudahkan segala aktivitas yang serba digital ini. Itu tadi cara upload video ke Google Drive melalui HP dan juga cara upload file ke Google Drive orang lain melalui HP yang bisa Anda praktekkan. Semoga bermanfaat.

error: This content is protected by DMCA