Cara Unlock Bootloader Oppo F5 Lengkap

anakpelajar.com – Apakah Anda penasaran mengenai apa itu unlock bootloader Oppo F5? Unlock bootloader sendiri adalah kode sandi yang muncul ketika kita menghidupkan handphone. Aspek ini sendiri sebenarnya selalu terdapat di berbagai perangkat elektronik seperti laptop dan komputer.

Sandi tersebut merekam keseluruhan sistem yang berjalan handphone dalam keadaan menyala. Kode ini bersifat sangat rahasia sebelum pengguna menggunakan trik unlock bootloader. Karena fasilitas tersebut, banyak orang akhirnya penasaran dengan cara unlock bootloader Oppo F5 tanpa PC. Akhirnya, timbullah keinginan untuk mencobanya.

Kelebihan dan Kekurangan Unlock Bootloader Oppo F5

Seperti aplikasi pada umumnya, fitur unlock bootloader Oppo F5 memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan fitur ini terletak pada kemampuan pengguna untuk mengakses kunci smartphone.

Dengan akses ini, pengguna bisa lebih leluasa memanfaatkan sistem dalam handphone. Misalnya dengan menginstall berbagai aplikasi atau game MOD dengan bebas tanpa terhalang oleh perizinan sistem.

Selain itu, Anda juga bisa menginstall recovery khusus lebih mudah tanpa halangan apapun. Agenda mengeksplorasi kekuatan sistem pun menjadi lebih tidak terbatas.

Namun di balik itu, ada satu kerugian yang benar-benar harus Anda pertimbangkan yaitu hilangnya garansi handphone. Memasang unlock bootloader sama dengan merusak kekebalan sistem handphone.

Penggunaan aplikasi ini dianggap menyalahi ketentuan dari pihak developer. Oleh karenanya, Anda akan kehilangan seluruh fasilitas resmi dari Oppo seperti notifikasi dan pembaruan OTA.

Dengan sistem tanpa kekebalan, tidak ada anti-virus bawaan dalam perangkat yang bertugas untuk melindungi sistem. Perlindungan bisa Anda dapatkan dengan menginstall aplikasi pelindung sistem  yang bersifat MOD pula.

Demikian kelebihan dan kekurangan menggunakan unclock bootloader yang harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai menimbulkan rasa penyesalan di kemudian hari.

Persiapan Membuka Unlock Bootloader Oppo F5

Tidak seperti cara unlock bootloader Oppo A83 tanpa PC, cara unlock bootloader Oppo F5 harus dilakukan menggunakan bantuan komputer. Perangkat komputer nantinya akan tersambung dengan android menggunakan USB.

Tanpa panjang lebar, langsung saja berikut ini beberapa persiapan wajib sebelum tindakan unlock bootloader Oppo F5:

  1. Install terlebih dahulu fitur driver ADB melalui link yang tersedia di banyak situs Google. lakukan download pada perangkat komputer;
  2. Lanjutkan dengan menginstall Fastboot pada komputer;
  3. Buka kunci APK yang sudah terinstall tersebut;
  4. Sekarang, install perangkat ADB nya sekaligus juga fastboot driver. Tujuannya untuk menjalankan dua perangkat tersebut;
  5. Sebelum memulai tindakan, cek dahulu baterai ponsel Anda. Pastikan berada di angka lebih dari 60%;
  6. Jika masih ada data-data penting dalam handphone, lakukan pencadangan terlebih dahulu di flashdisk atau perangkat lain;
  7. Pastikan sudah menyiapkan kabel USB;
  8. Cek apakah sistem android sudah berada di versi terbaru. Jika belum, perbarui dulu. Sistem lama tidak kompatibel untuk proses ini.

Cara Membuka Unlock Bootloader Oppo F5

Kini, kita memasuki sesi membuka unlock bootloader Oppo F5 langsung saja, berikut tutorialnya:

  1. Aktifkan dahulu Personal Computer (PC) yang akan Anda gunakan;
  2. Pastikan kabel USB sudah berada di sekitar PC agar cepat dan mudah jika ingin menggunakan;
  3. File Fastboot dan ADB yang sebelumnya sudah Anda unduh, ekstrak file tersebut;
  4. Sekarang, download driver USB khusus Oppo melalui website-website penyedia. Install di PC;
  5. Langkah selanjutnya, matikan perangkat handphone. Kemudian tekan menu fastboot. Cara alternatifnya dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah. Tekan beberapa lama;
  6. Kini, buka jendela prompt di folder tempat ADB dan fastboot tadi berada. Tahan tombol shift sembari klik kanan tombol mouse Anda;
  7. Nantinya akan muncul kotak dialog pada layar PC. Pilih opsi Command Prompt atau Powershell;
  8. Dalam kotak perintah tersebut, tuliskan fast boot_unlock_verifiy_oke
  9. Pada jendela selanjutnya, tulis fastboot device
  10. Lanjutnya dengan mengetik fastboot Oem unlock
  11. Setelah menekan enter lagi, akan muncul kotak lagi. tuliskan reboot fastboot;
  12. Langkah penutup, tekan enter. Ponsel akan otomatis mati karena sistem sedang melakukan reboot. Tunggu beberapa saat;
  13. Saat sistem android kembali menyala, lakukan restart;
  14. Karena cara unlock bootloader Oppo sudah selesai, sekarang lepaskan kabel USB dari kedua perangkat tersebut.

Bagaimana? Sebenarnya cukup mudah bukan? Namun kami tetap menyarankan adanya pendampingan dari orang yang lebih berpengalaman dalam bidang root.

Kesalahan dalam proses ini bisa menyebabkan akibat yang fatal, yaitu sistem rusak secara keseluruhan. Bagi Anda yang masih pemula atau pertama kali mencoba, kami sarankan tidak melakukannya sendiri.

Mengenal Spesifikasi Oppo F5

Apa keistimewaan Oppo F5 sehingga banyak pihak berminat untuk unlock bootloader Oppo F5? Inilah pertanyaan yang tidak kalah penting untuk kita jawab. Di awal kemunculannya Oppo F5 cukup trending karena tampilannya yang fresh. Dengan lebar layar LCD 6,5 inchi, sontak produk ini banyak sekali diminati berbagai kalangan.

Layar yang cukup lebar tersebut juga didukung dengan kualitas tampilan full HD + 720×1560 piksel. Dengan kualitas ini, dijamin mata pengguna akan terasa dimanjakan oleh tampilan warna yang memukau. Untuk kualitas sistem, Oppo F5 mengadopsi tipe CPU Octa-Core berjenis Media Tek Helio G35. Ruang penyimpanan memiliki ukuran 64 GB untuk ruang internal dan 4 GB untuk RAM.

Squad camera Oppo F5 berukuran 13 MP+2MP+8MP+2MP. Kamera depan memiliki kapasitas 8MP. Kapasitas baterainya adalah 6000 mAh non-removable. Spesifikasi andalan di atas mengantarkan Oppo F5 sebagai jawara pada masanya. Terjawab sudah rasa penasaran mengapa banyak orang ingin melakukan unlock bootloader Oppo F5 di perangkat ini.

error: This content is protected by DMCA