Mengetahui Biaya Potongan Bank Mandiri Per Bulan

anakpelajar.com – Urusan perbankan memang selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas dan dibicarakan. Apalagi membicarakan mengenai potongan Bank Mandiri per bulan. Pastinya akan sangat menarik khususnya bagi mereka yang baru saja menjadi nasabah suatu bank ataupun nasabah lama yang sudah memiliki banyak saldo.

Anda yang baru saja memutuskan untuk menyimpan uang di Bank Mandiri jelas akan memperhitungkan potongan bulanan yang dikenakan oleh bank tersebut. Karena bagaimanapun potongan bulanan bank ini akan mempengaruhi jumlah saldo yang ada di dalam rekening Anda.

Bayangkan saja bila Anda jarang menabung namun perlu rekening untuk melakukan transaksi berupa transfer. Dan setiap bulannya saldo akan terpotong untuk biaya administrasi. Maka saldo tersebut akan habis tanpa Anda perlu repot-repot membelanjakannya.

Hal itulah yang mendasari mengapa orang mencari tahu terlebih dahulu besaran potongan Bank Mandiri per bulan sebelum membuat rekening. Tujuannya jelas untuk mendapatkan keuntungan lebih sehingga bisa menyimpan uang dengan aman di Bank tanpa harus mengeluarkan biaya lebih pada administrasinya.

Anda sebagai nasabah memiliki hak untuk mengetahui potongan apa saja yang akan Anda tanggung. Dengan mengetahui hal ini Anda bisa meminimalkan transaksi berbayar yang tidak perlu. Kalau tidak Anda bisa jadi tanpa sadar menghabiskan saldo untuk kegiatan transaksi yang tidak begitu penting dan perlu.

Jenis Potongan Bank Mandiri per bulan

Potongan Bank Mandiri per bulan itu untuk keperluan administrasi yang mana tentu saja adalah hal wajar. Karena bank sudah memberikan layanan dan tentunya Anda harus membayar bila menggunakan layanan tersebut.

1.  Potongan untuk Administrasi

Setiap bank pasti akan melakukan pemotongan untuk kepentingan administrasi bukan hanya Bank Mandiri saja. Potongan ini akan digunakan oleh bank untuk membayar semua karyawan yang bekerja di kantor bank tersebut.

Potongan untuk administrasi bank jumlahnya tidak sama karena tergantung layanan apa yang Anda pilih. Bahkan di Bank Mandiri ada rekening tabungan yang tidak dikenakan biaya administrasi bulanan bank sama sekali.

Tetapi hal tersebut  akan berpengaruh terhadap layanan perbankan yang bisa Anda nikmati. Semakin tinggi biaya potongan Bank Mandiri per bulan maka akan semakin bagus pula layanan yang bisa Anda dapatkan.

Karenanya pastikan Anda memilih jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga Anda juga tidak akan terbebani dengan adanya potongan saldo bulanan ini. Jadi Anda bisa menabung dan menyimpan uang Anda dengan tenang dan damai.

Nominal potongan di Bank Mandiri per bulan yang paling umum adalah Rp 12.500. Pemotongan terjadi secara otomatis tanpa pemberitahuan kepada Anda. Jadi Anda jangan terkejut bila mendapati saldo Anda berkurang sebesar itu setiap bulannya di tanggal tertentu. Anda bisa melihat kapan dan besarannya bila Anda mencetak kegiatan transaksi di buku tabungan.

2. Potongan untuk Transaksi

Transaksi dalam perbankan ini adalah kegiatan apapun yang Anda lakukan dengan melibatkan interaksi antara nasabah dan Bank Mandiri.  Penting Anda ketahui bahwa tidak semua transaksi  yang Anda lakukan ada potongannya.

  Bank yang Cocok untuk Menabung Tanpa Potongan Wajib Diketahui

Setiap rekening yang Anda pilih memiliki potongan Bank Mandiri per bulan yang berbeda-beda. Mudahnya adalah transaksi transfer yang Anda lakukan. Bila Anda melakukan transfer antar Bank Mandiri maka tarifnya gratis alias Anda tidak perlu bayar.

Namun bila Anda melakukan transfer ke rekening di bank lain maka Anda akan ada tambahan tarif sebesar Rp 5.000. Dan sebesar Rp 25.000 untuk pembayaran tagihan kartu kredit bank lain. Besaran potongan untuk transaksi ini akan tergantung berapa kali Anda melakukan transaksi setiap bulannya.

Lokasi atau ATM tempat Anda melakukan transfer juga mempengaruhi pemotongan saldo biaya layanan perbankan tersebut. Melakukan transaksi apapun di ATM Bank Mandiri tidak akan ada biaya tambahan apapun atau gratis. Sedangkan di ATM Link atau ATM kerja sama dengan Bank Mandiri memiliki tarif potongan tambahan.

3. Potongan untuk Layanan ATM

Anda pasti mengira bahwa kartu ATM yang Anda pegang sekarang tidak memiliki potongan Bank Mandiri per bulan bukan? Maka itu salah besar karena produk kartu memiliki tarif potongannya sendiri yang tidak termasuk pada potongan untuk kepentingan administrasi.

Jadi bila Anda ingin menghitung jumlah saldo yang akan dipotong oleh bank setiap bulannya maka Anda harus menjumlahkan potongan untuk administrasi dan layanan ATMnya. Sama seperti ketika memilih rekening, produk kartu dari Bank Mandiri juga memiliki tarif berbeda-beda sesuai dengan layanan yang akan Anda peroleh dari ATM tersebut.

Untuk kartu mandiri debit yang berjenis silver memiliki tarif potongan yang berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 4.500 per bulan. Kartu mandiri debit berjenis gold memiliki kisaran potongan Bank Mandiri per bulan sebesar Rp 4.500 hingga Rp 5.000. Dan untuk kartu mandiri debit berjenis platinum berada di kisaran Rp 8.500 – Rp 10.000.

4. Potongan untuk Layanan Top Up

Sekarang layanan dompet digital menjadi sangat populer di kalangan masyarakat baik itu yang masih muda maupun yang sudah berumur. Tawaran kemudahan transaksi hanya dengan scan kode QR menjadi alasan ramainya masyarakat beralih ke dompet digital.

Tetapi tahukah Anda bila layanan top up tersebut juga ada tarif yang harus Anda bayarkan ke Bank Mandiri? Tarif potongannya juga beragam seperti contohnya untuk Gopay sebesar Rp 1.000 per transaksi dan Rp 500 per transaksi untuk saldo Shopeepay.

Itulah ulasan mengenai potongan Bank Mandiri per bulan. Pastikan setiap transaksi yang Anda lakukan benar-benar penting dan perlu agar saldo Anda di Bank Mandiri tidak habis terpotong biaya layanan secara berlebihan.

error: This content is protected by DMCA