Syarat dan Cara Menabung di Bank BRI Untuk Pelajar

anakpelajar.com – Bank BRI menjadi salah satu tempat penyimpanan uang yang paling sering masyarakat pakai. Tak hanya bagi mereka yang sudah dewasa, bahkan anak-anak dan remaja pun bisa menyimpan uang di bank ini cara menabung di bank BRI untuk pelajar juga sangat mudah.

Ada beberapa tahapan jika ingin membuka tabungan pada bank satu ini. Tentu saja jika kamu masih di bawah umur, maka penting adanya pendampingan dari orang tua atau wali. Akan ada sedikit penjelasan mengenai seluk beluk tabungan BRI untuk pelajar.

Jenis Tabungan BRI Untuk Para Pelajar

Bank BRI selalu menghadirkan kemudahan. Salah satunya dengan menghadirkan fasilitas tabungan untuk anak-anak dan pelajar agar mereka bisa lebih hemat dan menyimpan uang dengan aman. Untuk jenisnya sendiri, tabungan BRI bagi pelajar mempunyai beberapa macam, berikut ini penjelasannya.

Rekening Simpel

SimPel artinya ialah Simpanan Pelajar, yang artinya bisa untuk anak-anak yang masih berusia di bawah 17 tahun. Dengan profesi sebagai seorang siswa PAUD, TK, SD, SMP, MI, MTS, SMA sampai MA. Untuk pendaftaran rekening pada anak usia 12 tahun, kamu harus melalui persetujuan orang tua dan pendamping oleh mereka.

Pendaftaran ini pun tidak bisa langsung pada kantor cabang, melainkan lewat sekolah yang sudah melakukan kerja sama dengan bank tersebut. Jika usia pelajar sudah 12 tahun ke atas, maka pendaftaran rekening akan lebih mudah.

Cukup dengan menyiapkan kartu pelajar, akta kelahiran, kartu keluarga dan juga KTP orang tua serta surat persetujuan dari wali agar lebih mudah saat pengajuan. Pelajar akan memperoleh keuntungan salah satunya gratis biaya admin bulanan dengan setoran awal hanya sekitar 5.000 rupiah saja.

Sayangnya rekening SimPel ini nantinya tidak akan ada kartu ATM. Jadi kamu tidak bisa melakukan tarik tunai uang dengan bebas sesuai perkiraan.

Rekening Junio BRI

Cara menabung di bank BRI untuk pelajar dengan jenis rekening Junio BRI, kamu yang masih berusia di bawah 12 tahun juga harus melalui pendampingan orang tua. Sebelum mendaftar, pastikan jika orang tua sudah mempunyai rekening bank BRI entah itu BritAma atau Simpedes.

Para pelajar usia 12-17 tahun juga bisa memakai pilihan rekening ini. Tapi memang setoran awalnya cukup mahal yakni minimal 150.000 rupiah. Sedangkan untuk di bawah 12 tahun maka harus menyetorkan 100.000 rupiah saat awal pendaftaran.

Setoran awal ini memang lebih besar daripada dengan tabungan SimPel. Namun, setidaknya pelajar akan mendapat fasilitas lengkap berupa e-banking, buku tabungan dan juga ATM. Berbeda dengan tabungan SimPel yang tidak bisa mendapatkan kartu ATM.

Syarat Terkait Pembukaan Rekening Junio dan Simpel

Jika masih belum terlalu jelas, berikut ini ada rangkuman syarat pembukaan rekening bank BRI khusus untuk pelajar. Simak baik-baik ya!

  • Untuk pembukaan rekening Junio, dengan kisaran usia 0-12 tahun, syaratnya cukup; orang tua mempunyai rekening BRI BritAma atau Simpedes, kartu keluarga/akta kelahiran, setoran awal 100.000 rupia, fotocopy NPWP apabila ada, melakukan AFT dari rekening milik orang tua.
  • Nah, sementara tabungan BRI Junio untuk usia 12-17 tahun syaratnya adalah; setoran 150.000, kartu pelajar, fotokopi KTP orang tua ditambah dengan surat pernyataan dari orang tua.
  • Pada rekening SimPel, syaratnya lebih mudah lagi yakni hanyalah; fotokopi akta kelahiran, fotokopi akta kelahiran, fotokopi KTP orang tua, uang setoran awal 5.000 rupiah, mengisi formulir pembukaan rekening serta formulir persetujuan dari orang tua atau wali yang bersangkutan.
  Cara Menabung di Bank BJB untuk Pemula

Tata Cara Pembukaan Rekening Lewat Kantor Cabang Bank BRI

 Seperti yang sudah ada pada penjelasan tersebut, cara menabung di bank BRI untuk pelajar melalui kantor cabang hanya bisa untuk rekening Junio saja, sementara rekening SimPel harus melalui pihak sekolah.

Tata cara pendaftaran melalui kantor cabang sebenarnya sangat mudah, karena akan ada customer service yang memandu. Tinggal datang dan ambil nomor antrian, dengan membawa sejumlah berkas yang sudah dipersiapkan.

Jika nomor antrian sudah terpanggil, maka segera beritahukan tujuanmu ke customer service yang bertugas. Kemudian customer service akan menjelaskan beberapa hal terkait dengan rekening tabungan yang akan dibuka. Mulai dari limit, setoran, kegunaan dan sebagainya.

Setelah itu tinggal isi formulir, berikan dokumen persyaratan, uang setoran dan tunggu permintaanmu diproses oleh pihak bank. Kemudian buatlah PIN sejumlah 6 digit yang sekiranya tidak diketahui siapapun dan mudah diingat.

Barulah kemudian jika sudah semuanya, petugas customer service akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM. Cara menabung di bank BRI untuk pelajar begitu singkat, dan kini kamu pun sudah punya rekening tabungan sendiri yang bisa untuk menyimpan uang.

Manfaat memiliki rekening tabungan sendiri adalah anak nantinya bisa lebih mandiri dan belajar tentang bagaimana cara mengatur keuangan mereka. Jangan biarkan terlalu boros atau kelewat hemat, sewajarnya saja serta harus terpantau oleh para orang tua.

Banyak orang yang kini mulai membuka tabungan karena memang sangat mudah dan praktis untuk menyimpan uang. Daripada menyimpannya di rumah yang kadang membuat kita lupa dan rawan dengan pencurian, bank biasanya mempunyai sistem dan teknologi lebih canggih.

Apalagi saat ini proses pendaftaran juga sangat gampang, bisa juga secara online. Cara menabung di bank BRI untuk pelajar ini perlu diketahui jika ingin mengajarkan pada anak-anak tentang betapa pentingnya mengelola keuangan dengan baik dan benar.

error: This content is protected by DMCA