Tabungan Berjangka Permata Solusi Membuat Rencana Keuangan

anakpelajar.comMenabung merupakan rencana keuangan yang penting untuk mencapai tujuan keuangan. Sayangnya, tidak semua orang dapat disiplin menabung. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, cara paling tepat ialah menabung tabungan berjangka permata. Untuk mengetahui apa penjelasan produk permata tersebut, langsung simak saja ulasan berikut ini.

Pengertian Tabungan Berjangka Permata

Tabungan berjangka ialah salah satu produk jenis tabungan dalam masa tertentu. Nasabah dapat menabung mulai dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tujuan tabungan ini membantu nasabah merencanakan keuangan. Dengan kata lain bank memaksa Anda menabung sampai waktu yang telah tersepakati.

Tabungan berjangka Permata Indonesia memiliki ketentuan nominal dan juga durasi waktu menabung yang telah tersepakati. Oleh sebab itu, Anda tidak dapat menarik uang tersebut kapan saja. Biasanya, sistem tabungan berjangka ialah auto debet atau penarikan uang secara otomatis dari rekening Anda.

Keunggulan Tabungan Berjangka Permata

Tabungan berangka Permata memiliki berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan tabungan berjangka Permata:

1. Melatih Disiplin

Sistem tabungan berjangka biasanya autodebet. Itu artinya dana menabung otomatis akan terpotong langsung dari rekening Anda. Dengan sistem tersebut sangat memungkinan melatih disiplin dalam menabung. Sebab, dana tabungan tidak dapat tertarik kapanpun. Itulah kenapa tabungan berjangka permata dapat melatih Anda disiplin menabung Anda.

2. Tersedia Fitur Autodebet

Adanya fitur autodebet menjadi salah satu kelebihan jenis tabungan ini. Pasalnya, fitur ini akan lebih mudah menabung karena tidak perlu lagi melakukan setoran secara manual. Jadi, setiap bulan uang di dalam rekening Anda otomatis akan terpotong masuk pada tabungan berjangka Permata. Jadi, Anda dapat disiplin menabung.

3. Suku Bunga Tinggi

Jika Anda bandingkan dengan tabungan biasa, nyatanya tabungan berjangka Permata terpercaya memberikan suku bunga lebih tinggi. Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulan dari hal tersebut. Menariknya lagi, suku bunga tersebut dapat bertambah seiring berjalannya waktu. Jadi, semakin lama menabung, hasil bunga tabungannya pun akan semakin banyak.

4. Dana Tabungan Aman

Manfaat selanjutnya yang tidak kalah penting ketika mengambil tabungan berjangka ialah memperoleh jaminan keamanan. Berbeda ketika menyimpan uang fisik di rumah. Resiko hilang atau habis biasanya lebih besar. Anda juga tidak perlu capek-capek harus menyetorkan uang tabungan. Sebab, bank telah menggunakan sistem autodebet yang artinya akan langsung terpotong dari rekening Anda.

5. Setoran Tabungan yang Rendah

Jumlah setoran tabungan berjangka Permata tidaklah besar. Anda dapat memilih jumlah setoran mulai dari 100 ribu per bulan. Walaupun kecil, jika terus mengumpulkan uang tersebut, maka jumlah tabungan berjangka menjadi besar. Apalagi ada tambahan bunga dalam tabungannya.

6. Mendapatkan Asuransi

Supaya dana tabungannya lebih aman lagi, Anda dapat menambahkan layanan asuransi. Biasanya, bank akan menawarkan layanan asuransi jiwa dan kecelakaan dalam tabungan berjangka Permata Indonesia terpercaya. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh jaminan melakukan setoran sampai akhir periode walaupun tidak dapat meneruskannya.

  Cara Menabung di Bank BJB untuk Pemula

Perbedaan Tabungan Berjangka dan Deposito

Tabungan memang memiliki beberapa jenis. Selain tabungan berjangka, ada pula jenis tabungan lain bernama tabungan deposito. Masih banyak yang bingung dengan kedua jenis tabungan ini. Apakah Ada persamaan antara tabungan berjangka dengan deposito? Untuk lebih mengenalnya, berikut ini adalah perbedaan tabungan berjangka dan deposito:

1. Bunga Penyetoran

Perbedaan pertama tabungan berjangka dan deposito ialah jumlah bunga yang nasabah peroleh. Biasanya, bunga deposito akan lebih tinggi dari pada bunga tabungan berjangka. Meskipun tabungan berjangka memiliki bunga lebih besar dari pada tabungan regular. Namun, tetap saja tabungan deposito bunganya lebih kecil.

Secara umum, bunga tabungan berjangka mulai dari 2,5% sampai dengan 5% setiap tahun. Sedangkan, bunga deposito lebih tinggi yaitu mulai 5,5% dampai dengan 6,5% setiap tahunnnya.

2. Jangan Waktu Penyimpanan Tabungan

Selain bunga penyetoran yang berbeda. Perbedaan selanjutnya antara tabungan berjangka dan deposito ialah jangka waktu penyimpanan. Ketika memilih tabungan berjangka, Anda dapat memilih sendiri jangka waktu menabung. Jangka waktu penyimpanan juga diterapkan pada tabungan deposito.

Jenis tabungan berjangka biasanya hanya menawarkan jangka menabung mulai dari 12 bulan sampai dengan 240 bulan. Sedangkan, jangka waktu deposito menyediakan waktu lebih sebentar yaitu 1 bulan sampai dangan 36 bulan.

3. Jumlah Minimal Tabungan

Perbedaan selanjutnya antara tabungan berjangka dengan deposito ialah jumlah dana yang harus nasabah setorkan lebih banyak dari pada jumlah tabungan berjangka. Bahkan, beberapa bank menawarkan nasabahnya untuk membayar setoran deposito awal minimal 8 juta sampai dengan 10 juta.

Sedangkan, jumlah setoran tabungan berjangka Permata lebih rendah yaitu mulai dari 100 ribu sampai dengan 500 ribu.

Kekurangan Tabungan Berjangka

Selain memiliki berbagai kelebihan yang telah kami sebutkan di atas, terdapat dua kekurangan tabungan berjangka yang perlu Anda ketahui.

1. Menabung dengan Paksa

Dengan adanya fitur autodebet, secara otomatis uang tabungan yang ada pada rekening Anda akan terpotong dan masuk pada rekening tabungan berjangka Permata bank. Oleh sebab itu, sebelum menabung, pastikan Anda telah mempunyai dana yang cukup untuk menabung.

2. Bukan Produk Investasi

Kekurangan tabungan berjangka selanjutnya ialah produk ini bukanlah jenis produk investasi. Walaupun mirip dengan deposito, nyatanya tabungan berjangka tidak memiliki nilai investasi. Namun, jika Anda ingin menabung sambil berinvestasi, Anda dapat memilih produk lain seperti deposito.

Itulah beberapa hal mengenai tabungan berjangka Permata yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan daftar tabungan ini. Semoga dapat membantu memahami lagi mengenai jenis tabungan ini.

error: This content is protected by DMCA