Potongan Menabung di Bank BRI, Segini Biaya Administrasinya

anakpelajar.comBank BRI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Tidak jarang bank ini pun di temukan hingga ke pelosok desa kabupaten. Masyarakat pun banyak pula yang menggunakan bank BRI sebagai pilihan tabunganya, karena memang mudah ditemukan dan ATM tersedia di mana pun. Selain itu, potongan menabung di bank BRI pun tidak terlalu besar.

Terdapat beberapa jenis buku tabungan BRI yakni ada tabungan Simpedes , BritAma, dan lain sebagainya. Ketika membuka tabungan pastinya Anda akan ditawarkan berbagai pilihan jenis tabungan beserta dengan keuntungannya.

Berikutnya, apabila Anda sudah menjadi bagian dari nasabah BRI Anda harus mengetahui beban biaya bulanan nasabah. Dengan begitu Anda tidak akan kaget ketika ada saldo yang berkurang padahal tidak Anda gunakan untuk apapun. Sebab setiap bank memiliki ketentuan potongan bank BRI perbulan yang berbeda-beda.

Potongan Menabung di Bank BRI

Setiap menabung di bank manapun pastinya Anda akan mendapatkan beban biaya administrasi setiap bulannya. Namun, ada beberapa jenis tabungan BRI yang tidak memiliki tagihan biaya administrasi bulanan. Seperti tabungan Rencana, tabungan Junio, Tabunganku BRI, tabungan Haji ataupun tabungan TKI tidak memiliki biaya bulanan.

Berbeda dengan tabungan Simpedes dan tabungan Britama yang memiliki biaya administrasi bulanan. Nah, inilah potongan menabung di bank BRI perbulan.

  • Rekening Britama mendapat potongan saldo Rp12.000 perbulan

  • Rekening Simpedes mendapat potongan saldo Rp6.500 perbulan

Bagi Anda yang menghindari adanya potongan ini Anda bisa menggunakan rekening Tabunganku BRI. Di sini Anda pun memiliki fasilitas yang sama dengan jenis rekening lainnya. Mulai dari adanya ATM, SMS-banking, dan lainnya. Tabunganku BRI pun memiliki setoran awal yang cukup terjangkau yakni Rp20.000 saja.

Sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam buku tabungan BRI, terdapat beberapa rincian biaya administrasi yang dikenakan bagi nasabah. Berikut ini beberapa biaya administrasi yang dibebankan, untuk besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank.

1. Biaya Administrasi Bulanan

Adapun biaya administrasi bulanan ini seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa masing-masing jenis tabungan memiliki ketentuan sendiri terkait nominal administrasi bulanan. Biaya potongan menabung di bank BRI rutin dalam kurun waktu satu bulan sekali.

2. Biaya Administrasi Kartu

Biaya administrasi kartu ini memang tidak banyak orang yang mengetahui. Karena memang tidak Anda ketahui secara fisik. Administrasi yang sangat familiar ialah biaya admin bulanan. Sedangkan, untuk biaya administrasi kartu ini jarang orang tahu.

Pada intinya semua fasilitas yang menjadi keuntungan tabungan BRI BritAma dengan biaya pemiliharaan tertentu dari Bank yang diakumulasikan dalam pembayaran bulanan.

3. Biaya Penutupan Kartu

Ada pula biaya penutupan kartu, bagi nasabah yang ingin menutup kartu maka harus mengeluarkan biaya administrasi tersendiri. Penutupan kartu ini bisa Anda lakukan apabila kartu hilang atau disalahgunakan oleh orang lain.

4. Biaya Pergantian Buku Tabungan

Apabila buku tabungan Anda telah habis, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Pergantian buku tabungan baru ini pun juga membutuhkan biaya administrasi. Kebanyakan biaya administrasi tersebut mengambil dari tabungan.

Jika tidak Teller atau CS akan menanyai Anda untuk membayarnya secara cash atau melalui pemotongan tabungan. Pastinya akan lebih mudah jika melalui tabungan saja. Tetapi ada pula jenis tabungan BRI tanpa potongan dengan fasilitas yang hampir sama.

5. Biaya Ganti PIN karena Kartu BRI terblokir

Tidak jarang bank BRI mengalami hal ini, tanpa sebab tiba-tiba kartu ATM terblokir atau memang karena kesalahan nasabah dalam memasukkan PIN. Bagi Anda yang mengalami hal ini, bisa langsung mengunjungi kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan pergantian PIN yang terblokir. Di sini Anda akan mendapatkan ATM dan PIN baru.

6. Biaya Transaksi Pengambilan atau Penyetoran

Sejak beberapa bulan lalu, transaksi melalui bank BRI mulai ada biaya. Bahkan dalam proses transaksi ATM pun ada biaya administrasi tersendiri.

Namun, semua ini terbayarkan dengan fasilitas yang telah kita dapatkan melalui pelayanan dan fasilitas yang ada pada bank BRI. Memang semua membutuhkan perawatan dan itu tidakah murah. Potongan menabung di bank BRI untuk transaksi pun ada yang sangat kecil, tergantung dengan jenis tabungan.

Potongan Biaya Transaksi ATM

Bank BRI kini pun juga memberikan beban tagihan pada saat melakukan transaksi melalui mesin ATM. Jadi selama menggunakan bank BRI Anda akan mendapatkan potongan dalam dua bentuk, yakni biaya administrasi dan biaya bulanan ATM. Jangan kaget jika dalam tabungan Anda banyak debet yang keluar padahal sedang tidak melakukan transaksi.

Namun, semua biaya ini kembali dengan fasilitas yang bisa kita nikmati ketika menggunakan layanan bank BRI. Bahkan ketika menghadapi kendala ATM atau bermasalah dengan tabungan Anda bisa menggunakan layanan CS tanpa biaya apapun.

Bagi yang melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, akan mendapatkan potongan sebanyak Rp2.500 setiap transaksi. Potongan menabung di bank BRI ini menjadi beban biaya bagi nasabah yang menggunakan mesin ATM untuk keperluan transfer, penarikan, ataupun cek saldo.

Tanggal Potongan ATM BRI

Beberapa waktu lalu pihak bank yang tergabung dalam ATM Bersama menyepakati adanya penarikan biaya transaksi ATM. Salah satu bank yang tergabung ialah bank BRI, di mana setiap transaksi yang ada akan mendapatkan potongan biaya sebesar Rp2.500 per transaksi.

Selain itu, ada pula biaya bulanan ATM BRI yang mana akan muncul setiap tanggal 20. Jadi bagi para nasabah jangan kaget jika ada debet pas tanggal tersebut, karena terdapat potongan untuk pemeliharaan ATM.

Nah, begitulah penjelasan singkat mengenai potongan menabung di bank BRI. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dalam memberikan informasi akurat mengenai menabung di bank BRI. Agar tidak terkena potongan administrasi, Anda bisa menggunakan jenis tabungan yang memang membebaskan biaya administrasi bulanan.

error: This content is protected by DMCA