5 Peluang Bisnis NFT pada 2022

anakpelajar.com – Peluang bisnis NFT atau di sebut (Non-Fungible Token) menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang memiliki artwork dan ingin menjualnya dengan lebih mudah dan dengan harga yang lebih tinggi. NFT adalah aset digital yang berada di blockchain.

Blockchain itu sendiri bertindak sebagai buku besar publik, memungkinkan siapa pun untuk memverifikasi keaslian dan kepemilikan aset. NFT dapat dibeli dengan harga tinggi karena beberapa faktor. Pertama, NFT memiliki nilai historis. Bahkan CEO Twitter Jack Dorsey pernah menjual tweet pertamanya sebagai NFT seharga $291.835,47, atau 41 miliar rupiah.

Kedua, NFT dibuat oleh orang-orang yang memiliki pengaruh, kredibilitas, dan terkenal. Misalnya, seniman digital Beeple, karya NFT-nya, Everydays: The First 5000 Days dijual seharga $69 di Christie’s. Ketiga, NFT memiliki sense atau storytelling yang kuat.

Di Indonesia, lukisan karya pengusaha intelektual Denny JA berjudul “Potret Denny JA: 40 Tahun di Dunia Ide” dijual seharga Rp. 1 miliar Lukisan itu dilelang selama seminggu di Opensea, salah satu situs lelang terbesar di dunia untuk karya digital NFT. Tweet-nya juga dijual sekitar 100 juta. Tweet ini dibuat pada tahun 2015 dalam bahasa Inggris dan mengatakan “Share our love by stopping discrimination in Indonesia and in the world. RT if you agree.”

Berikut beberapa Peluang Bisnis NFT pada 2022 beserta penjelasannya yang bisa anda jadikan referensi tentunya :

Rekomendasi Ide Peluang Bisnis NFT

1. Menjadi seniman di NFT

Sekalipun Anda bukan seniman fisik terpintar di dunia, tidak ada yang menghentikan Anda untuk memproduksi seni digital, meskipun abstrak. Kemudian, Anda dapat mengonversi karya seni Anda ke NFT dan memasarkannya di forum populer seperti Reddit, DeviantArt, atau Wetcanvas. Sangat jelas bahwa menjadi seorang seniman dapat menjadi ide bisnis di NFT,

2. Meluncurkan Aplikasi NFT

Ide bisnis lain untuk NFT adalah membuat aplikasi untuk membeli, menjual, memperdagangkan, dan mencetak NFT yang mungkin dibutuhkan. Berfokus pada pasar NFT juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan terutama jika Anda mengambil komisi untuk setiap penjualan.

3. Pembuatan Koleksi NFT

Sebagai media digital, NFT cocok untuk melestarikan dan memvalidasi koleksi. Misalnya, Anda dapat mencetak NFT untuk koleksi asli, seperti kartu perdagangan olahraga atau foto bertanda tangan.

4. Membuat Forum NFT

Salah satu peluang bisnis NFT adalah membuat Forum NFT untuk membahas proyek-proyek vendor, pembuat, dan peminat NFT. Ini juga bisa menjadi ruang bagi Anda dan mereka. Membuat forum NFT eksklusif yang menyaingi bitcointalk bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, terutama jika Anda juga menjalankan iklan banner.

  Rincian Biaya Usaha Online Shop

5. Menulis Blog Bertema NFT

Menulis blog juga bisa menjadi peluang bisnis NFT. Website ini bisa menjadi tempat menulis artikel tentang NFT. Buat konten yang menarik dan informatif tentang NFT. Jadi ada kemungkinan besar untuk membaca blog yang membahas NFT dan berita tentang NFT. Anda bahkan dapat memonetisasi blog Anda melalui iklan setelah meningkatkan jumlah pembaca Anda.

Tips Berbisnis NFT

Setiap NFT memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan NFT lainnya. Properti bagus, bahkan tentang nilainya. Karena setiap NFT diberi hash numerik yang membedakannya dari NFT lainnya. NFT langka dapat digunakan untuk koleksi dan seni. NFT sudah digunakan dalam kartu ucapan dan barang dagangan.

Selain itu, NFT juga tidak akan berubah karena token tidak dapat ditukar berdasarkan blockchain. Oleh karena itu NFT tidak dapat diubah, dihapus, atau bahkan diganti. Kelangkaannya juga menambah nilai yang hanya dapat ditentukan oleh pengembang.

Pengembang dapat menghasilkan token yang tidak dapat diganti dalam jumlah yang tidak terbatas dan sering memperbarui token untuk menjaga minat tetap tinggi. Teknologi blockchain yang tidak dapat dipertukarkan berarti Anda harus memastikan bahwa NFT Anda valid.

NFT juga dapat menyertakan kontrak pintar. Kontrak pintar adalah fitur menarik lainnya dari teknologi blockchain. Karena pada dasarnya, mereka dapat menyimpan instruksi yang dieksekusi ketika kondisi tertentu terpenuhi. Sedangkan kelemahan NFT sebagai aset digital antara lain pada tingkat likuiditas.

Karena siapa pun yang membeli NFT belum tentu bisa menjualnya kembali. Kedua, spekulasi yang berlebihan, karena tidak tergantikan. Oleh karena itu, rentan terhadap spekulasi yang berlebihan. Karena orang menetapkan harga secara kualitatif, bukan kuantitatif.

Ketiga, tetap rentan terhadap peretasan digital atau pencurian identitas artis. Sebab, tidak ada mekanisme untuk menanganinya. Bahkan masalah penyimpanannya hanya tersimpan di dompet yang ada di pasaran. Belum ada mekanisme penyimpanan NFT yang terdesentralisasi.

Itulah sedikit pembahasan tentang Peluang Bisnis NFT pada 2022, anda bisa mengambil point pointnya dan menjadikan referensi kedepannya untuk menjadi NFT profesional.

error: This content is protected by DMCA