Jasa Asuransi Jaminan Pelaksanaan Proyek yang Terdaftar di OJK

anakpelajar.com – Asuransi penjaminan (surety bond) adalah bentuk dari perjanjian antara tiga pihak yang berbeda. Salah satu jenisnya yaitu asuransi jaminan pelaksanaan proyek.
Surety bond adalah perjanjian antara pihak asuransi (surety), pemilik proyek (obligee), dan kontraktor (prinsipal). Tujuannya tak lain untuk menjamin kelangsungan proyek berjalan dengan lancar.

Apabila kontraktor mengalami kegagalan dalam melaksanakan tugas terhadap pemilik proyek, maka pihak asuransi akan memberikan pertanggungjawaban. Terdapat dua kondisi dalam surety bond yang perlu Anda ketahui.

Yakni jaminan bersyarat yang merujuk pada pencairan dana kerugian oleh surety pada pihak obligee. Sedangkan jaminan tidak bersyarat dapat terlaksana jika ketentuan kontrak tidak dapat terpenuhi dan tanpa menunjukan bukti kegagalan. Dengan kata lain, asuransi jaminan pelaksanaan proyek dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Pengertian Asuransi Jaminan Pelaksanaan Proyek

Jaminan pelaksanaan memiliki peranan yang penting. Penerbit jaminan pelaksanaan diselenggarakan oleh pihak surety. Fungsinya untuk memberikan jaminan kepada pihak obligee.
Selain itu, perjanjian antara pihak obligee dan prinsipal berisi tentang pemberian kepastian agar menyelesaikan proyek tepat waktu. Sedangkan untuk ketentuan kontrak kerja dan peraturan bisa dirungdingkan.

Apabila pihak prinsipal tidak melakukan tugas sesuai dengan perjanjian, makan pihat surety wajib untuk memberikan kompensasi. Maksudnya, ganti rugi pada pihak obligee akan dibayarkan oleh pihak surety.

Untuk pembayaran asuransi jaminan pelaksanaan proyek dapat terbayarkan sebesar nilai maksimum yang sudah terjamin. Presentase besar nilai kontrak untuk jaminan pelaksanaan proyek sebesar 5% hingga 10% dari nilai proyek. Sedangkan untuk pencairan dana jaminan pelaksanaan proyek harus dilakukan maksimal 14 hari masa kerja. Dana juga harus segera tercairkan setelah mendapat surat permintaan penairan dari PPK.

Jika pencairan dana mengalami keterlambatan, maka pihak surety akan mendapatkan sanksi. Yaitu berupa denda dengan presentasi tidak lebih dari 5% yang berasal dari jaminan pelaksanaan proyek. Nah, di bawah ini adalah jasa asuransi jaminan pelaksanaan proyek yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda tidak perlu khawatir tertipu atau kehilangan uang jaminan.

Asuransi Sinarmas

Jasa asuransi sinarmas menawarkan beberapa keunggulan untuk pilhan performance bond. Salah satunya, pihak surety bond menawarkan pencairan dana dengan cepat tanpa adanya gangguan.

1. Keunggulan

Asuransi Sinarmas menawarkan tiga manfaat apabila Anda menggunakan jasa mereka. Pertama, pihak sinarmas tidak memberikan syarat setoran jaminan. Dengan kata lain, Anda tetap bisa melakukan likuiditas tanpa terganggu. Kedua, pihak penyelenggaran surety bond juga menggunakan jaminan bersyarat. Dengan kata lain, pihak obligee bisa melakukan klaim sebesar kerugian yang dialami.

Terakhir, jangka waktu dari pihak surety bond juga menyesuaikan dengan kontrak antara pihak obligee dan prinsipal. Selain itu, rate dari asuransi jaminan pelaksanaan proyek Sinarmas memiliki presentase sebesar 0,3%.

2. Cara Memperoleh Asuransi

Untuk memperoleh asuransi jaminan pelaksanaan, Anda harus mengisi surat permohonan penerbitan jaminan (SPPJ). Kemudian, memberikan beberapa dokumen untuk syarat pengajuan.
Di antaranya yaitu akte perusahaan, profil perusahaan, surat-surat ijin usaha, laporan keuangan dan laporan rekening koran tiga tahun terakhir. Selain itu, Anda juga harus memenuhi syarat lainnya.

  Manfaat Asuransi Properti yang Perlu anda Ketahui

Seperti memberikan salinan surat. Contohnya yaitu undangan tender, surat penunjukan pemenangan tender, surat perintah kerja atau surat kontrak, surat perjanjian pemborong, dan berita serah terima pekerjaan. Terkahir, Anda harus memberikan tanda tangan surat perjanjian ganti rugi yang disahkan oleh notaris. Dengan begitu Anda akan memperoleh asuransi jaminan pelaksanaan proyek.

Asuransi Askrindo

Perusahaan penerbit jasa asuransi askrindo menawarkan berbagi jenis surety bond. Salah satunya yakni jaminan pelaksanaan proyek. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan jasa performance bond dari Askrindo.

1. Manfaat Performace Bond

Terdapat dua manfaat surety bond bagi kedua belah pihak antara obligee dan prinsipal. Untuk prinsipal, manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah pinjaman suretyship.
Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, cepat, dan biaya yang relatif murah. Collateral/agunan juga bukan syarat utama untuk memperoleh jaminan.

Sedangkan untuk obligee, Anda akan dengan mudah menyairkan apabila prinsipal wanprestasi. Pihak surety bond juga menjamin bahwa pihak prinsipal akan melakukan tugas tepat waktu pada pihak obligee.

Pihak surety bond Askrindo juga menawarkan jangka waktu sesuai dengan kontrak pekerjaan. Selain itu, nilai ganti rugi bersifat penalty system. Maksudnya, ganti urgi akan Anda dapatkan sebesar nilai jaminan.

2. Cara Pengajuan Surety Bond

Anda memerlukan beberapa persyaratan untuk mengajukan surety bond di Askrindo. Beberapa dokumen harus Anda serahkan agar pengajuan dapat terproses dengan lancar. Conotohnya seperti profil perusahaan.

Selain itu, Anda juga harus menyerahkan salinan akte perusahaan dan tanda daftar perusahaan. Beberapa salinan seperti surat ijin usaha perdagangan, surat ijin usaha konstruksi hingga NPWP juga harus Anda berikan.

Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan salinan lainnya. Di antaranya, salinan surat keterangan domisili perusahaan, dan tanda keanggotaan dari profesi terkait usaha dari pihak prinsipal.
Terakhir, Anda juga harus memenuhi dokumen neraca dan laba rugi prinsipal dengan kurun waktu dua tahun terakhir. Tak lupa, Anda juga harus memberikan surat pernyataan kesediaan membayar ganti rugi.

Pada dasrnya, banyak sekali penyelenggerasa surety bond baik dari penerbit bank atau jasa asuransi. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan keunggulan dari pihak surety bond.
Selain itu, asuransi jaminan pelaksanaan proyek pada dasarnya memiliki kesamaan dari segi manfaat dan keunggulan. Namun, Anda tetap bisa mendiskusikan dengan rekan perusahaan sebelum membeli jenis asuransi jaminan pelaksanaan.

error: This content is protected by DMCA